Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengonsumsi Tablet FE Di Wilyah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang

Rahmadani, Amelia (2023) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengonsumsi Tablet FE Di Wilyah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi fulltext amelia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Anemia pada ibu hamil yang sering terjadi adalah akibat defisiensi zat besi. Ibu hamil yang mengalami anemia berisiko mengalami mortalitas dan morbiditas pada ibu dan bayi. WHO merekomendasikan pemberian tablet Fe sebagai upaya pencegahan terjadinya anemia dan pemerintah Indonesia telah menerapkan pemberian tablet Fe kepada ibu hamil minimal 90 tablet selama masa kehamilan. Namun angka kejadian anemia di Indonesia tetap meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang. Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang pada bulan Maret 2023. Populasi penelitian ini adalah 279 orang dan sampel penelitian ini adalah ibu hamil (trimester I – trimester III) sebanyak 82 orang. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi- square (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 62,2% ibu hamil yang patuh mengonsumsi tablet Fe 41,5% memiliki pengetahuan baik, 54,9% memilki sikap positif dan 36,6% memiliki dukungan suami yang kurang. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ibu hamil yang memiliki pengetahuan baik mayoritas patuh dalam mengonsumsi tablet Fe yaitu 79,4% (p=0,024), ibu hamil yang memilki sikap positif (baik) mayoritas juga patuh dalam mengonsumsi tablet Fe yaitu 73,% (p=0,039) serta ibu hamil yang memiliki dukungan suami baik kebanyakan juga patuh dalam mengonsumsi tablet Fe yaitu 75% (p=0,027). Hasil multivariat menunjukkan bahwa sikap paling dominan 2,601 kali dengan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di wilayah kerja Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap dan dukungan suami dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet Fe di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM., M.Epid
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:11
Last Modified: 11 Jul 2023 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205865

Actions (login required)

View Item View Item