HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Zakiya, Zulviyanda (2023) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan jumlah populasi lansia di dunia menimbulkan masalah yang dialami lansia yang berhubungan dengan proses penuaan, yaitu timbulnya penyakit degeneratif salah satunya adalah penurunan fungsi kognitif. Salah satu faktor yang memengaruhi fungsi kognitif adalah aktivitas fisik, dimana aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat menghambat penurunan fungsi kognitif pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota Jenis Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik consecutive sampling dan didapatkan sebanyak 52 orang lansia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis. Instrumen penelitian menggunakan GPAQ untuk mengukur tingkat aktivitas fisik dan MoCA-Ina untuk mengukur fungsi kognitif lansia. Analisis data yang digunakan berupa analisis bivariat dengan uji chi square. Dari hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 23 lansia (44,23%) memiliki tingkat aktivitas fisik sedang serta 27 lansia (51,92%) memiliki fungsi kognitif yang normal. Hasil uji diperoleh hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif lansia dengan nilai p-value hitung 0,001 (p < 0,05) Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc, PhD
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, fungsi kognitif, lansia, gpaq, moca-ina
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:17
Last Modified: 11 Jul 2023 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205814

Actions (login required)

View Item View Item