Hubungan Breastfeeding Self-Efficacy dan Pengetahuan pada Ibu Primipara dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang

Ines, Wafiqah (2023) Hubungan Breastfeeding Self-Efficacy dan Pengetahuan pada Ibu Primipara dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB VII - Penutup)
BAB VII - Penutup.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ibu primipara belum memiliki pengalaman menyusui sebelumnya, sehingga cenderung memiliki tingkat breastfeeding self-efficacy dan pengetahuan yang kurang dibandingkan dengan ibu multipara. Kedua faktor ini sangat berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam melakukan suatu tindakan, termasuk dalam pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan breastfeeding self-efficacy dan pengetahuan pada ibu primipara dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu primipara yang memiliki bayi berusia 6–12 bulan. Sebanyak 103 ibu primipara yang berpartisipasi dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pemberian ASI eksklusif, kuesioner breastfeeding self-efficacy, dan kuesioner pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50,5% breastfeeding self-efficacy ibu primipara rendah, 44,7% pengetahuan ibu primipara baik, dan 54,4% ibu primipara tidak berhasil memberikan ASI secara eksklusif. Hasil uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan breastfeeding self-efficacy dan pengetahuan pada ibu primipara dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif dengan p-value 0,000 (p<0,05). Disarankan kepada pihak puskesmas untuk melanjutkan kelas ibu hamil secara rutin dan berkala dengan lebih memaksimalkan praktik menyusui dan pemberian ASI eksklusif, serta lebih mengoptimalkan peran konselor laktasi untuk memberikan motivasi dan edukasi terutama bagi ibu primipara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Deswita, M.Kep., Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, breastfeeding self-efficacy, pengetahuan, primipara
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:35
Last Modified: 11 Jul 2023 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205640

Actions (login required)

View Item View Item