EFEKTIVITAS RELAWAN DEMOKRASI DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DI KOTA BUKITTINGGI

Tri, Oktaviana (2023) EFEKTIVITAS RELAWAN DEMOKRASI DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DI KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN TRIOKTAVIANA.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI TRI OKTAVIANA_1910832004)
FULL SKRIPSI_TRI OKTAVIANA_1910832004 CETAK!.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Relawan demokrasi nyatanya membantu meningkatkan efektivitas kerjanya pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Bukittinggi. KPU mengangkat relawan demokrasi pada Pilkada Serentak Tahun 2020, hal ini juga dikarenakan faktor adanya pandemi covid-19 saat itu. Uniknya, Kota Bukittinggi menjadi satu-satunya yang kembali mengangkat relawan demokrasi pada periode Pemilihan Serentak Tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan tentang Efektivitas Relawan Demokrasi Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus intrinsik. Jenis data penelitian ini ialah dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer yaitu wawancara, dan data sekunder dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Richard M.Steers yang mendefinisikan efektivitas yang didalamnya terdapat 3 poin yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Berdasarkan dari temuan penelitian dilapangan, hasil penelitian ini ialah bahwa relawan demokrasi mampu bekerja sesuai dengan fungsinya, sebagian besar dari pelaksanaan relawan demokrasi mendapatkan dukungan positif dari penyelenggara dan masyarakat. Namun meskipun begitu tetap masih ada sebagian kecil yang menolak dan masih awam tentang ketersediaan mereka dalam menerima informasi tentang Pemilu. Akan tetapi data dilapangan membuktikan bahwa efektivitas relawan demokrasi dalam upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat pada Pilkada Serentak Tahun 2020 berjalan dengan cukup maksimal dan bekerja dengan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Efektivitas, Relawan Demokrasi, Partisipasi Politik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:52
Last Modified: 10 Jul 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205550

Actions (login required)

View Item View Item