PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA USAHA DAGANG BAHAN BANGUNAN DAN PERKAKAS PEMBUAT BANGUNAN MENGGUNAKAN APLIKASI WEBERP (STUDI KASUS TOKO BANGUNAN SONNY MZ)

Bagus, Satria (2017) PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA USAHA DAGANG BAHAN BANGUNAN DAN PERKAKAS PEMBUAT BANGUNAN MENGGUNAKAN APLIKASI WEBERP (STUDI KASUS TOKO BANGUNAN SONNY MZ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahulan.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada usaha dagang bahan bangunan dan perkakas pembuat bangunan sangat perlu dilakukan karena lingkungan yang kompetitif dan kemajuan teknologi pada saat ini. Dengan menerapkan ERP diharakan dapat memahami proses bisnis perusahaan terutama pada proses pembelian, persediaan dan penjualan barang. WebERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak ERP yang bersifat open source. WebERP dapat langsung diterapkan dalam sebuah perusahaan tanpa biaya. Penerapan dilakukan pada Toko Bangunan Sonny MZ yang bergerak dalam usaha dagang bahan bangunan dan perkakas pembuat bangunan. Penerapan dilakukan dengan menganalisa proses bisnis yang sedang berjalan. Hasil analisa menghasilkan proses bisnis yang diusulkan yang digambarkan dengan Business Process Managemen Notation (BPMN) dan telah disesuaikan dengan aplikasi WebERP. Selain menggunakan BPMN sebagai gambaran, hasil analisa juga menggunakan usecase sesuai dengan fungsional bisnis proses dan aplikasi. Hasil dari penerapan WebERP pada Toko Bangunan Sonny MZ adalah memudahkan pengelolaan data transaksi penjualan dan pembelian, meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses bisnis, memudahkan pembuatan laporan keuangan, dan memperkecil biaya operasional dalam hal alat tulis kantor. Keyword: BPMN, Enterprise Resource Planning (ERP), sistem informasi, Usecase, WebERP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:14
Last Modified: 21 Feb 2017 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item View Item