PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASSIWA YANG BERBELANJA PRODUK FASHION DI E-COMMERCE

Jarisah, Afifah (2023) PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASSIWA YANG BERBELANJA PRODUK FASHION DI E-COMMERCE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Bab V (Kesimpuan dan Saran))
Bab V (Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fashion merupakan produk yang paling digemari mahasiswa dalam berbelanja. Mahasiswa dalam membeli produk fashion lebih banyak menggunakan paylater. Paylater membuat mahasiswa sulit untuk mengesampingkan keinginan dalam membeli produk fashion. Kondisi tersebut dapat memunculkan perilaku impulsive buying. Perilaku impulsive buying disebabkan karena kurangnya self-control yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh self-control terhadap impulsive buying pada mahasiswa yang berbelanja produk fashion di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang mahasiswa yang menggunakan paylater dan melakukan belanja produk fashion di e-commerce. Partisipan didapatkan melalui teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adaptasi alat ukur The Impulsive Buying Tendency Scale dari Verplanken & Herabadi (2001) dan skala Self-Control disusun oleh Amelia (2019) dari teori Averill (1973). Hasil penelitian membuktikan bahwa self-control secara signifikan negatif berpengaruh terhadap impulsive buying pada mahasiswa yang berbelanja produk fashion di e-commerce. Hasil tersebut dapat dilihat dari koefisien signifikansi signifikansi yang bernilai .000 (p< .05). Koefisien R2 bernilai .290 yang berarti bahwa self-control mempengaruhi impulsive buying mahasiswa yang berbelanja produk fashion di e-commerce sebesar 29%. Sehingga apabila semakin tinggi tingkat self-control pada mahasiswa maka semakin rendah pula tingkat impulsive buying yang ada pada mahasiswa tersebut begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Puspasari, M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Fashion, impulsive buying, mahasiswa, paylater, self-control
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:32
Last Modified: 06 Jul 2023 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205420

Actions (login required)

View Item View Item