Hubungan Derajat Anemia dengan Tercapainya Remisi Komplit pada Pasien Leukemia Mieloblastik Akut Dewasa yang Menjalani Kemoterapi Induksi di RSUP DR. M. Djamil Padang

Zahra, Salsabila (2023) Hubungan Derajat Anemia dengan Tercapainya Remisi Komplit pada Pasien Leukemia Mieloblastik Akut Dewasa yang Menjalani Kemoterapi Induksi di RSUP DR. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Leukemia mieloblastik akut adalah suatu keganasan darah yang diakibatkan proses pertumbuhan sel myeloid yang tidak normal yang menyebabkan terjadinya penumpukan sel blast di sumsum tulang. Pengobatan LMA dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah melalui kemoterapi induksi. Kondisi anemia merupakan salah satu gejala yang dialami pasien LMA yang dapat menyebabkan kondisi hipoksia jaringan. Akibatnya, pemberian kemoterapi menjadi kurang optimal pada pasien keganasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan derajat anemia dengan tercapainya remisi komplit pada pasien leukemia mieloblastik akut yang menjalani kemoterapi induksi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan pendekatan observasional analitik retrospektif. Penelitian ini didapatkan 15 sampel yang diambil dari data rekam medis dan laboratorium. Dilakukan analisis univariate yang menggambarkan distribusi frekuensi variabel dan analisis bivariat dengan uji statistik fisher exact test. Hasil penelitian ini didapatkan penderita leukemia mieloblastik akut banyak terjadi pada usia >40 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan klasifikasi LMA M4, keluhan utama lemah letih, anemia ringan, dan mengalami remisi komplit. Hasil uji statistik memperlihatkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara derajat anemia dengan remisi komplit pada pasien LMA dengan nilai p =1,000. Disimpulkan bahwa derajat anemia tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tercapainya remisi komplit pada pasien LMA yang menjalani kemoterapi induksi di RSUP Dr. M Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rudy Afriant, Sp.PD-KHOM,FINASIM
Uncontrolled Keywords: eukemia Mieloblastik akut, derajat anemia, kemoterapi induksi, remisi komplit.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:26
Last Modified: 05 Jul 2023 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205371

Actions (login required)

View Item View Item