Nabila, Azahara Putri (2023) Implementasi Interprofessional Education: Sebuah Tinjauan Sistematis. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (Bab 1 - Pendahuluan)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (Bab 6 - Penutup)
3. Penutup.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (141kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
WHO dengan tegas menetapkan Interprofessional Education (IPE) dalam agenda kesehatan global, yang diakui sebagai komponen penting dari setiap pendidikan profesional kesehatan. Mahasiswa institusi pendidikan tenaga kesehatan di Asia telah memiliki pandangan positif dan siap untuk mengimplementasikan IPE. Namun, data mengenai faktor pendukung dan penghambat implementasi IPE masih kurang. Tinjauan ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat metode implementasi IPE pada mahasiswa institusi pendidikan kesehatan di Asia. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis yang dilakukan di enam pangkalan data, yaitu Biomedcentral, EBSCO, Google Scholar, PubMed, ProQuest, dan ScienceDirect yang dipublikasi menggunakan Bahasa Inggris pada tahun 2018-2022. Penelitian diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak 8.919 penelitian ditemukan pada pencarian awal. Sejumlah enam penelitian primer yang teridentifikasi diseleksi menggunakan metode PRISMA. Tiga dari enam penelitian telah mengimplementasikan IPE dalam kurikulumnya. Tiga penelitian lain sedang berada pada tahap persiapan untuk mengimplementasikan IPE. Berbagai macam metode implementasi serta faktor pendukung dan penghambat diidentifikasi. Metode implementasi IPE di mahasiswa institusi kesehatan di Asia ditemukan berupa program berbasis masyarakat, work-integrated learning experience, dan simulation-based education. Faktor pendukung yang diidentifikasi antara lain kepemimpinan, kurikulum dan koordinasi terpusat, dan perencanaan. Faktor penghambat yang diidentifikasi antara lain kepemimpinan, sikap, budaya dan stereotipe, dan konsep IPE yang belum terstandardisasi. Faktor kepemimpinan diidentifikasi sebagai faktor pendukung dan penghambat utama dalam implementasi IPE di Asia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Laila Isrona, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Interprofesi, Pendukung, Penghambat, Asia, Mahasiswa |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:36 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:36 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205344 |
Actions (login required)
View Item |