Karakteristik Kejadian Keloid Pada Mahasiswa Aktif Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Muhamad, Angga Wirawardhana (2023) Karakteristik Kejadian Keloid Pada Mahasiswa Aktif Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak & Cover.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keloid merupakan kelainan fibroproliferatif kulit yang menyebabkan penumpukan kolagen secara berlebihan pada daerah yang mengalami trauma. Penyebab keloid terbesar terjadi pada trauma dan kelainan kulit dengan beberapa faktor risiko seperti jenis kelamin, lokasi keloid, riwayat keluarga keloid, serta golongan darah penderita. Selain itu, perlu ditinjau lebih lanjut mengenai gejala keloid, terapi keloid yang digunakan dan penurunan kualitas hidup yang terjadi pada penderita. Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik penderita keloid pada mahasiswa aktif Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan design study cross-sectional sebagai pendekatan dari bulan November 2022 hingga April 2023. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019, 2020, 2021 yang terkonfirmasi keloid oleh ahli dan didapatkan sampel sebanyak 53 sampel. Penelitian ini menggunakan dua kuesioner yaitu kuesioner mengenai karakteristik responden dan kuesioner Dermatology Life Quality Index. Hasil penelitian ini disajikan dengan tabel berbentuk distribusi frekuensi. Pada penelitian ini, didapatkan hasil kejadian keloid terbanyak terjadi pada jenis kelamin perempuan (62,3%) dengan penyebab paling banyak ialah trauma (47,2%). Lokasi terjadinya keloid terbanyak dialami di daerah tangan (23%) dan gejala keloid berupa rasa gatal (49,1%). Keloid paling banyak terjadi pada penderita yang tidak memiliki riwayat keluarga keloid (56,6%) dan keloid dengan riwayat keluarga ditemukan paling banyak terjadi pada riwayat keluarga first-degree (86,9%). Golongan darah paling banyak diderita oleh golongan darah O (41,5%). Mayoritas penderita keloid belum melakukan terapi (67,9%) dan sedikit berpengaruh terhadap kualitas hidup (43,4%). Namun, pada penderita multipel keloid didapatkan keloid memiliki pengaruh sedang pada kualitas hidupnya (36,8%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Ennesta Asri, Sp.KK(K), FINSDV
Uncontrolled Keywords: jenis kelamin, penyebab, lokasi, gejala, riwayat keluarga, golongan darah, terapi, kualitas hidup
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:44
Last Modified: 03 Jul 2023 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205304

Actions (login required)

View Item View Item