KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG PADANG DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI MOBILE JKN KEPADA PESERTA JKN-KIS KOTA PADANG

Muhammad, Ravel Satria (2023) KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG PADANG DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI MOBILE JKN KEPADA PESERTA JKN-KIS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
(Skripsi) - (Cover dan Abstrak) - Muhammad Ravel Satria - 1810862010 - Ilmu Komunikasi - FISIP - UNAND.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
(Skripsi) - (BAB 1 Pendahuluan) - Muhammad Ravel Satria - 1810862010 - Ilmu Komunikasi - FISIP - UNAND.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
(Skripsi) - (BAB 5 Penutup) - Muhammad Ravel Satria - 1810862010 - Ilmu Komunikasi - FISIP - UNAND.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
(Skripsi) - (Daftar Pustaka) - Muhammad Ravel Satria - 1810862010 - Ilmu Komunikasi - FISIP - UNAND.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
(Skripsi) - (Full Text) - Muhammad Ravel Satria - 1810862010 - Ilmu Komunikasi - FISIP - UNAND.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BPJS Kesehatan Cabang Padang merupakan badan hukum publik yang bertugas menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada peserta JKN-KIS Kota Padang. BPJS Kesehatan Cabang Padang turut beradaptasi dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi dengan menghadirkan inovasi kanal layanan tanpa tatap muka aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi inovasi pelayanan publik BPJS Kesehatan Cabang Padang dalam mensosialisasikan aplikasi Mobile JKN kepada peserta JKN-KIS Kota Padang dan mendeskripsikan proses adopsi inovasi aplikasi Mobile JKN oleh peserta JKN-KIS Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi Mobile JKN menjadi transformasi digital yang membantu BPJS Kesehatan Cabang Padang dengan memberikan pelayanan administrasi dan informasi secara online yang lebih menghemat waktu, biaya, dan pikiran peserta JKN-KIS Kota Padang. Saluran komunikasi yang dikelola menggunakan komunikasi kelompok, komunikasi interpersonal dan komunikasi massa. Sejak dirilis pada tahun 2017, jumlah pengguna aplikasi Mobile JKN sebanyak 123.376 pengguna. Sistem sosial aplikasi Mobile JKN melibatkan pihak internal seperti BPJS Kesehatan kantor pusat, BPJS Kesehatan cabang Padang, dan Brand Ambassador Ade Rai. Adapun pihak eksternal seperti fasilitas kesehatan, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), perguruan tinggi, badan usaha swasta, organisasi masyarakat, dan media elektronik lokal. Proses adopsi inovasi aplikasi Mobile JKN oleh peserta JKN-KIS Kota Padang menunjukkan adanya penerimaan dan penolakan. Aplikasi Mobile JKN mudah diterima dan dipahami oleh peserta JKN-KIS Kota Padang yang merasa tertarik dan nyaman dengan layanan digital. Aplikasi Mobile JKN sulit diterima oleh sebagian peserta JKN-KIS Kota Padang yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam mengelola smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si Novi Elian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Adopsi Inovasi, Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Cabang Padang, Komunikasi Inovasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:06
Last Modified: 03 Jul 2023 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205266

Actions (login required)

View Item View Item