ANALISIS PENERAPAN WHISTLEBOWING PROGRAM DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH FRAUD IN ACCOUNTING (Studi Kasus pada PT Telkom Indonesia Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk Periode 2017 - 2021)

Adib, Maulana (2023) ANALISIS PENERAPAN WHISTLEBOWING PROGRAM DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH FRAUD IN ACCOUNTING (Studi Kasus pada PT Telkom Indonesia Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk Periode 2017 - 2021). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover + Abstrak)
ADIB MAULANA_COVER-ABSTRAK_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB I)
ADIB MAULANA_BAB I_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB V)
ADIB MAULANA_BAB V_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ADIB MAULANA_DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (FULL DRAFT SKRIPSI)
ADIB MAULANA_SKRIPSI_AKUNTANSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengimplementasian whistleblowing program dalam mendeteksi dan mencegah tindakan kecurangan (fraud) pada beberapa perusahaan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui analisis data sekunder yang melibatkan 3 perusahaan terbesar di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sektor yang berbeda-beda yaitu PT Unilever Indonesia Tbk (Sektor Manufaktur), PT Telkom Indonesia Tbk (Sektor Infrastuktur) dan PT Vale Indonesia Tbk (Sektor Pertambangan) pada periode 2017-2021. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penerapan whistleblowing program untuk mendeteksi dan mencegah fraud in accounting sudah berjalan dengan cukup efektif dengan kemampuan perusahaan untuk dapat secara cepat melakukan tindaklanjut terhadap kecurangan yang terjadi dan tingkat perubahan jumlah laporan yang masuk setiap tahunnya. Hasil studi ini mendapatkan bahwa keberadaan informasi dan bukti kecurangan menjadi kunci penting dalam menentukan kebenaran atas laporan yang dimasuk ke dalam whistleblowing program namun, dalam penerapannya masih terdapat kasus yang tidak dapat disimpulkan karena kurangnya informasi yang diperoleh perseroan, dan beberapa kasus yang tidak dapat terselesaikan pada tahun yang bersangkutan sehingga memakan waktu hingga periode selanjutnya. Riset ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perseroan yang ada di Indonesia untuk dapat melakukan evaluasi, perbaikan dan peningkatan terhadap efektivitas penanganan berbagai tindakan kecurangan (fraud) yang muncul, sehingga dapat mencegah tindakan tersebut terjadi kembali dan mendorong terciptanya tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Kata Kunci : Whistleblowing Program, Fraud, Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ISWARDI, S.E., M.M., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Whistleblowing Program, Fraud, Good Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:09
Last Modified: 27 Jun 2023 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205221

Actions (login required)

View Item View Item