Gambaran Fungsional Sendi Bahu Pasien Pasca Mastektomi Radikal Berdasarkan Skor QuickDASH Di RSUP Dr. M. Djamil Padang Pada Tahun 2020 – 2021

Khalisha, Azzahra Pramesti Abdillah (2023) Gambaran Fungsional Sendi Bahu Pasien Pasca Mastektomi Radikal Berdasarkan Skor QuickDASH Di RSUP Dr. M. Djamil Padang Pada Tahun 2020 – 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (810kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Khalisha Azzahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Gangguan pada fungsi sendi bahu sering ditemukan pada pasien setelah menjalani prosedur mastektomi radikal. Gejala yang sering ditemukan pasca pembedahan adalah keterbatasan fungsi bahu, kelemahan ekstremitas atas, limfedema, dan nyeri dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fungsional sendi bahu pasien pasca mastektomi radikal berdasarkan skor QuickDASH di RSUP Dr. M Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif. Data dikumpulkan menggunakan teknik consecutive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara pasien pasca mastektomi radikal di RSUP Dr. M Djamil Padang periode 2020 – 2021 menggunakan kuesioner QuickDASH. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria didapatkan sebanyak 35 sampel. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien pasca mastektomi radikal paling sering memiliki gangguan fungsional sendi bahu pada kategori disabilitas minimum. Gangguan tersebut ditemukan meningkat seiring meningkatnya stadium dan pada pasien yang mendapatkan radioterapi. Usia pasien paling sering berada pada rentang 41 – 50 tahun. Sebagian besar pasien ditemukan dengan stadium IIIA – IIIC pada sisi unilateral kiri. Lama waktu sejak operasi paling sering berada pada rentang 25 – 36 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rizki Rahmadian, Sp.OT (K), M.Kes
Uncontrolled Keywords: Gangguan sendi bahu, mastektomi radikal, kanker payudara
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:01
Last Modified: 20 Jun 2023 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204984

Actions (login required)

View Item View Item