Pengaruh Game Edukasi Digital (Belmain-Belajar Sikat Gigi) terhadap Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Kelas 2 SDN 20 Kalumbuk Kota Padang

Dhefadila, Alya Afra Azarys (2023) Pengaruh Game Edukasi Digital (Belmain-Belajar Sikat Gigi) terhadap Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Kelas 2 SDN 20 Kalumbuk Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (897kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Dhefadila Alya Afra Azarys (1911412006).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Persentase karies pada siswa kelas 2 SDN 20 Kalumbuk Kota Padang mencapai 60,5% yang dapat disebabkan antara lain kurangnya pengetahuan siswa tentang cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh game edukasi digital terhadap pengetahuan kebersihan gigi dan mulut siswa kelas 2 SDN 20 Kalumbuk Kota Padang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent group pretest-posttest. Sampel diambil dengan metode total sampling. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 32 siswa dan dibagi menjadi dua kelompok. 16 siswa sebagai kelompok eksperimen diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan media game edukasi digital dan 16 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol dengan media video berbasis powerpoint. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner baik sebelum dan sesudah edukasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t test dan independent t test. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan sebesar 0,000 (p < 0,05) pada nilai rata-rata pretest dan posttest dari kedua kelompok. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua jenis media terhadap pengetahuan dengan nilai siginifikan sebesar 0,037 (p < 0,05). Media game edukasi digital menujukkan peningkatan pengetahuan yang lebih besar dibanding penggunaan media video berbasis powerpoint. Kesimpulan: Game edukasi digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan kebersihan gigi dan mulut siswa kelas 2 SDN 20 Kalumbuk Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Deli Mona, Sp. KG
Uncontrolled Keywords: game edukasi digital, belmain-belajar sikat gigi, pengetahuan kebersihan gigi dan mulut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:29
Last Modified: 16 Jun 2023 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204865

Actions (login required)

View Item View Item