FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND SWITCHING KONSUMEN (SURVEY PADA PENGGUNA APLIKASI DISNEY PLUS HOTSTAR DI KOTA PADANG)

GEZA SCORTIONDA, GEZA (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND SWITCHING KONSUMEN (SURVEY PADA PENGGUNA APLIKASI DISNEY PLUS HOTSTAR DI KOTA PADANG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (Bab I (pendahuluan))
Bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Bab Akhir (penutup dan kesimpulan))
Bab Akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Konsumen (Survey Pada Pengguna Aplikasi Disney Plus Hotstar di Kota Padang) Tesis oleh Geza Scortionda Pembimbing 1 : Dr. Dessy Kurnia Sari, SE, M. Bus (Adv), PhD Pembimbing 2 : Dr. Eri Besra, SE, MM ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan variety seeking terhadap perilaku Brand Switching melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi produk TV kabel berlangganan MNC Vision ke aplikasi Disney Plus Hotstar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 175 orang yang telah berpindah berlangganan dari TV kabel MNC Vision ke aplikasi Disney Plus Hotstar. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) yang diolah dengan menggunakan software SmartPLS. Kualitas produk dan harga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen serta juga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Switching MNC Vision ke Disney Plus Hotstar. Sedangkan untuk promosi, variety seeking, dan kepuasan konsumen baik pada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching TV kabel berlangganan MNC Vision ke aplikasi Disney Plus Hotstar. Konsumen yang mayoritas berpindah berlangganan ke aplikasi Disney Plus Hotstar dikarenakan 18 TV Channel yang dikelola oleh Disney dan Fox ini secara resmi telah dihapus di seluruh TV kabel berlangganan di Hongkong dan Asia Tenggara sejak tanggal 1 Oktober 2021 yang lalu. Faktor – faktor lain yang menyebabkan terjadinya tindakan Brand Switching ini adalah konsumen ingin bernostalgia dengan film – film Disney sewaktu mereka masih kecil dan konsumen yang sudah berpindah berlangganan ke aplikasi Disney Plus Hotstar ini tidak setuju biaya berlangganan Disney Plus ini dibilang “murah”, karena kata “murah” itu kesannya seolah – olah seperti produk yang berkualitas rendah. Kata kunci : Brand Switching, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen Factors Affecting Brand Switching Behavior (Survey on Disney Plus Hotstar’s Users in Padang) Thesis by Geza Scortionda Advisor 1 : Dr. Dessy Kurnia Sari, SE, M. Bus (Adv), PhD Advisor 2 : Dr. Eri Besra, SE, MM ABSTRACT This study aims to determine the effect of product quality, price, promotion, and variety seeking on Brand Switching behavior through Customer Satisfaction as a mediating variable for MNC Vision to Disney Plus Hotstar. The number of samples on this study are 175 respondents who had switched subscriptions from MNC Vision to Disney Plus Hotstar. The data analysis method used the Structural Equation Model (SEM) which is processed using Smart PLS. Product quality and price have no positive and insignificant effect on Customer Satisfaction and also have no positive and insignificant effect on Brand Switching Pay TV Cable MNC Vision to Disney Plus Hotstar. As for promotion, variety seeking, and customer satisfaction both of directly and indirectly, all have an positive and significant effects on Brand Switching Pay TV Cable MNC Vision to Disney Plus Hotstar application. A lot of Customers switched their subscriptions from MNC Vision to Disney Plus Hotstar because there were 18 Pay TV Channel on Pay TV Cable managed by Disney and Fox which had been removed officially in Hongkong and Southeast Asia in October 1st 2021. Other factors affecting Brand Switching Behavior are Customers wanted to felt nostalgic with Disney Movies. In additional, Mostly Customers didn’t agree with the statement “cheap” on Disney Plus Hotstar’s pay subscription. They said that “Cheap” sounded like a low quality product. Keywords : Brand Switching, Product Quality, Price, Customer Satisfaction

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. Desi Kurnia Sari, SE, M.Bus 2. Dr. Eri Besra, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Switching, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 12 May 2023 07:04
Last Modified: 12 May 2023 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204092

Actions (login required)

View Item View Item