Penerapan E-business Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Padang

Deni, Hazendra (2016) Penerapan E-business Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab I pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (TA Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Istilah e-business pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, CEO perusahaan IBM. Istilah ini, dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi otomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. Iptaria (2006) menyatakan bahwa fenomena e-business telah menjadi trend yang mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju dan berkembang. Hal tersebut disebabkan keberadaannya dapat menjadikan proses dan sistem bisnis menjadi lebih baik dibandingkan dengan cara-cara terdahulu (konvensional). Di dunia global saat ini perusahaan harus mampu berevolusi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan bisnis baik akan informasi maupun teknologi. Walupun penerapan e-business di Indonesia belum terbilang marak namun penelitian yang dilakukan oleh Warta Ekonomi memperlihatkan bahwa 54.2% perusahaan yang menjadi responden sudah menerapkan berbagai aplikasi e-business, diantaranya: Enterprise Resource Planning (ERP), Supply Chain Management (SCM), dan Customer Relationship Management (CRM). Sebanyak 78.8% perusahaan yang menjadisample dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa pemanfaatan solusi e-business dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu perkembangan pasar yang mulai menjadi global membuat setiap perusahaan harus mampu melayani pasar global tersebut. Saat ini jarak dan lokasi pasar bukanlah permasalahan yang fundamental lagi namun, saat ini permasalahannya adalah bagaimana perusahaan agar bisa dan mampu menarik dan melayani konsumen sebanyak mungkin tidak peduli lokasi dan jarak yang ada. Telkom sebuah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi di Indonesia merupakan perusahaan yang cukup peka terhadap perkembangan zaman. Terbukti dengan dimulainya penerapan sistem yang lebih terintegrasi yang diterapkan oleh Telkom. Telkom juga telah memulai membangun perusahaan E-bussiness dengan sistem yang mumpuni, baik untuk karyawannya maupun untuk konsumen Telkom sendiri. Saat ini dalam menjalankan perusahaannya, Telkom sudah mulai menggunakan teknologiinformasi sebagai salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnisnya. Baik business to business(B2B) maupun business to consumer(B2C). Terbukti Telkom telah melakukan kerjasama dengan salah satu situs jual beli online di dunia yaitu ebay sebagai salah satu wujud keseriusan Telkom dalam menjalankan bisnis dengan format e-business. Dalam penerapan E-bussiness Telkom tentu menghadapi permasalahan yang beragam karena dalam transisi teknologi tentu akan membutuhkan adaptasi yang baik. Tidak hanya itu Telkom juga harus memberikan edukasi kepada semua karyawannya sehingga karyawan yang ada, bisa bekerja dengan baik dan seusai dengan sistem yang ada. Saat ini Telkom memang belum menerapkan fungsi E-bussiness secara keseluruhan karena adanya keterbatasan baik dalam hal financial maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Tentu keterbatasan ini akan menjadi pemacu bagi Telkom untuk lebih baik dan mereformasi perusahaan menjadi lebih baik dan lebih efektif dengan menggunakan kemajuan teknologi. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian yang berjudul: “PENERAPAN E-BUSINESS PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk PADANG ”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:41
Last Modified: 19 Jan 2017 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item