Pertanggungjawaban Notaris Yang Menerbitkan Akta Berisi Keterangan Palsu (Studi Kasus Perkara Nomor 1362/PID.B/2019/PN.JKT.UTR)

Ardhani, Bella Annisa (2023) Pertanggungjawaban Notaris Yang Menerbitkan Akta Berisi Keterangan Palsu (Studi Kasus Perkara Nomor 1362/PID.B/2019/PN.JKT.UTR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (754kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik. Kewenangan tersebut haruslah dilakukan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Jabatan Notaris dan tidak melanggar Kode Etik Notaris. Namun tidak sedikit notaris yang menjalankan jabatannya dengan tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan sehingga mengakibatkan adanya pihak yang dirugikan dan notaris tersebut dimintai pertanggungjawaban. Hal ini terjadi pada Putusan Perkara Pidana Nomor 362/Pid.B/2019/Pn.Jkt.Utr. Pada putusan tersebut notaris R melakukan pemalsuan akta autentik karena memasukkan keterangan yang tidak sesuai dengan faktanya dan juga tidak membacakan serta menandatangani akta yang dibuatnya di depan para pihak. Maka dari itu tesis ini mengambil judul Pertanggungjawaban Notaris Yang Menerbitkan Akta Berisi Keterangan Palsu (Studi Kasus Perkara Nomor 1362/Pid.B/2019/PN.Jkt.Utr). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam memutus perkara nomor 1362/Pid.B/2019/PN.Jkt.Utr? 2) Bagaimana pertanggungjawaban notaris terhadap akta yang dibuatnya berdasarkan perkara nomor 1362/Pid.B/2019/PN.Jkt.Utr? Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif, yaitu penyusunan data dengan sistematis, pengkajian, selanjutnya menyimpulkan pada keterkaitan terhadap permasalahan yang diteliti dengan pendekatan undang-undang. Hasil penelitian ini adalah: 1) Dasar pertimbangan hakim dalam putusan nomor 1362/Pid.B/2019/PN.Jkt.Utr berasal dari yuridis dan non yuridis serta mengabulkan dakwaan dari penuntut umum sesuai dengan ketentuan yang dilanggar oleh notaris R tetapi hakim tidak menjadikan adanya perdamaian kedalam hal yang meringankan. 2) Pertanggungjawaban yang dikenakan kepada notaris R adalah sanksi administrasi yakni pemberhentian sementara karna dalam masa tahanan kemudian sanksi utama pidana penjara selama 1 (satu) tahun 8 (delapan) bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Busyra Azheri., S.H., M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 12 May 2023 02:11
Last Modified: 12 May 2023 02:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204069

Actions (login required)

View Item View Item