MANAJEMEN KEPERAWATAN BENCANA PADA KELOMPOK KADER DI DAERAH RAWAN BENCANA DENGAN PEMBERIAN PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR DI RW 05 KELURAHAN PARUPUK TABING

Putri, Annelydia (2023) MANAJEMEN KEPERAWATAN BENCANA PADA KELOMPOK KADER DI DAERAH RAWAN BENCANA DENGAN PEMBERIAN PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR DI RW 05 KELURAHAN PARUPUK TABING. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (bab1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (KIA fulltext)
KIA fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara yang rentan akan terjadinya bencana. Bencana alam di Indonesia mengakibatkan kerugian yang sangat besar, baik dari segi materi maupun jumlah korban (meninggal, luka–luka, maupun cacat). Korban yang meninggal dapat disebabkan oleh gagalnya oksigenasi adekuat pada organ vital atau henti jantung. Tindakan Bantuan Hidup dasar yang cepat dan tepat akan memperbesar kemungkinan korban selamat dan dapat menekan angka mortalitas pada henti jantung. Tujuan Karya Ilmiah Akhir ini adalah untuk menerapkan manajemen keperawatan bencana pada kader di daerah rawan bencana dengan pemberian edukasi bantuan hidup dasar di Rw 05 Kelurahan Parupuk Tabing. Metode pada Karya Ilmiah ini berupa studi kasus dengan memberikan asuhan keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir dari pemberian asuhan keperawatan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan setelah dilakukan asuhan keperawatan pada kader di daerah rawan bencana dengan pemberian edukasi bantuan hidup dasar di RW 05 kelurahan parupuk tabing. Diharapkan karya ilmiah ini dapat meningatkan pengetahuan dan keterampilan bantuan hidup dasar untuk masyarakat melalui kader yang sudah diberikan pelatihan dengan cara penyuluhan. Kata Kunci : Edukasi, Bantuan Hidup Dasar, Kader.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2023 08:46
Last Modified: 11 May 2023 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203917

Actions (login required)

View Item View Item