Analisis Manfaat Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Dalam Memenuhi Kebutuhan Sayuran Rumah Tangga (Studi Kasus Pada KWT Kamboja di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang )

septya, melda (2021) Analisis Manfaat Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Dalam Memenuhi Kebutuhan Sayuran Rumah Tangga (Studi Kasus Pada KWT Kamboja di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
SKRIPSI MELDA (COVER DAN ABSTRAK) (1).pdf

Download (311kB)
[img] Text (pendahuluan)
SKRIPSI MELDA (BAB I PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (penutup)
SKRIPSI MELDA (BAB V PENUTUP).pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI MELDA (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (443kB)
[img] Text (Full text)
SKRIPSI MELDA (FULL TEXT) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS MANFAAT PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SAYURAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pada KWT Kamboja di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang) Abstrak Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan menambah gizi keluarga, serta sebagai sumber tambahan pendapatan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis manfaat program KRPL dalam memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran pada KWT Kamboja, (2) menganalisis manfaat program KRPL dalam menyumbang tambahan pendapatan rumah tangga pada KWT Kamboja. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode studi kasus dengan respondennya berjumlah 25 orang anggota KWT Kamboja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dari data primer melalui wawancara semi terstruktur dengan informan kunci dan data sekunder dari BPS dan litelatur lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil produksi tanaman pekarangan program KRPL hanya mampu memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran rumah tangga 1 sampai 5 minggu saja yaitu 1 minggu untuk tanaman bawang, 4 minggu untuk tanaman kangkung dan 5 minggu untuk cabe rawit, terong dan tomat. kelebihan hasil produksi dimanfaatkan oleh anggota untuk dijual sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan selama periode panen.Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk KWT Kamboja agar senantiasa menjaga keberlanjutan program KRPLguna menjaga ketahanan pangan keluarga dan lebih optimal dalam memanfaatkan lahan pekarangan. Kata kunci: Program KRPL, Kelompok Wanita Tani, Kebutuhan Konsumsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc., Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 11 May 2023 07:52
Last Modified: 11 May 2023 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203895

Actions (login required)

View Item View Item