ANALISIS KEBUTUHAN KARYAWAN DEPARTEMEN PROCUREMENT MENUJU SHARED SERVICE CENTER DI PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) KANTOR PUSAT

Tyas, Maharsi (2022) ANALISIS KEBUTUHAN KARYAWAN DEPARTEMEN PROCUREMENT MENUJU SHARED SERVICE CENTER DI PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) KANTOR PUSAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (bab I)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (20MB)
[img] Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (10MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (79MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Kebutuhan Karyawan Departement Procurement Menuju Shared Service Center Di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Kantor Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung jumlah kebutuhan tenaga kerja pada Departement Procurement dengan berbagai alternatif dalam penghitungan jumlah kebutuhan untuk melihat analisa beban kerja karyawan yang tidak dapat terukur, membantu analisa dampak terjadinya penambahan karyawaan di Departement Procurement. Metode yang digunakan adalah metode penelitian case study dan focused interviews. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa aktivitas promosi, mutasi, resign, menjadi satu penyebab kekurangan tenaga kerja pada Divisi Supply Chain Management terkhususnya pada Departement Procurement. Pada tahun 2021 PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan Shared Service Center atau biasa disingkat dengan SSC yang berdampak pada beberapa Divisi terkhususnya pada Divisi Supply Chain Management, adanya SSC menjadikan kinerja Divisi Supply Chain Management Kantor Pusat menjadi lebih ekstra dari sebelumnya dikarenakan seluruh pengadaan pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Kantor Cabang dengan nilai diatas Rp 200.000.000,- akan diambil alih oleh Kantor Pusat sedangkan untuk pengadaan dibawah Rp 200.000.000,- akan tetap dikerjakan oleh Cabang. Pembaharuan sistem administrasi ini merupakan suatu bentuk transformasi yang dilakukan oleh PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), namun dengan adanya transformasi pada sistem pengadaan harus diimbangi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia agar membantu kelancaran program. Dengan demikian, adanya angka standart pada kebutuhan Sumber Daya Manusia pada Departemen Procurement berdasarkan analisa kebutuhan dan maksimal workload yang ada akan memperlihatkan kebutuhan tenaga kerja yang ada disaat belum adanya E-Procurement untuk mendukung jalannya proses pengadaan secara digital. Kata Kunci : Analisis Kebutuhan Karyawan, Shared Service Center, Workload, ASDP, E-Procurement, Procurement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 11 May 2023 10:34
Last Modified: 11 May 2023 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203891

Actions (login required)

View Item View Item