Perbedaan Kadar Glukosa Darah Puasa dan Kolesterol LDL pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan dan Tanpa Ulkus Diabetik di RSUP Dr. M. Djamil Padang

resti, syafitri (2016) Perbedaan Kadar Glukosa Darah Puasa dan Kolesterol LDL pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan dan Tanpa Ulkus Diabetik di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK + COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH FULL)
TUGAS AKHIR ILMIAH FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PERBEDAAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA DAN KOLESTEROL LDL PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN DAN TANPA ULKUS DIABETIK DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG Oleh Resti Syafitri ABSTRAK Ulkus diabetik merupakan salah satu komplikasi diabetes melitus yang paling ditakuti. Ulkus diabetik akan dialami oleh 15% penderita diabetes melitus. Hiperglikemia kronik menyebabkan terjadinya komplikasi pada diabetes melitus, salah satunya yaitu ulkus diabetik. Kolesterol low density lipoprotein (LDL) merupakan faktor utama terbentuknya aterosklerosis yang dapat menyebabkan ulkus diabetik. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kadar glukosa darah puasa dan kolesterol LDL pada pasien DM tipe 2 dengan dan tanpa ulkus diabetik di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain rancangan cross-sectional menggunakan data rekam medis seluruh pasien yang dirawat dengan diagnosis DM tipe 2 dan ulkus diabetik. Sampel berjumlah 92 orang yang terdiri atas 46 pasien DM tipe 2 dengan ulkus diabetik dan 46 pasien DM tipe 2 tanpa ulkus diabetik. Analisis bivariat menggunakan uji Independent T-Test Sample dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini didapatkan rerata kadar glukosa darah puasa pada pasien DM tipe 2 dengan ulkus yaitu 238,0 mg/dL sedangkan pada pasien tanpa ulkus 157,4 mg/dL. Rerata kadar kolesterol LDL pada pasien DM tipe 2 dengan ulkus yaitu 157,8 mg/dL sedangkan pada pasien tanpa ulkus 113,5 mg/dL dengan perbedaannya adalah 44,3 mg/dL. Hasil analisis bivariat terdapat perbedaan kadar glukosa darah puasa dan kolesterol LDL antara pasien DM tipe 2 dengan dan tanpa ulkus diabetik (p<0,001). Kesimpulan penelitian ini adalah didapatkan rerata kadar glukosa darah puasa dan kolesterol LDL pada pasien DM tipe 2 dengan ulkus diabetik lebih tinggi daripada pasien DM tipe 2 tanpa ulkus diabetik, serta terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar glukosa darah puasa dan kolesterol LDL pada pasien DM tipe 2 dengan dan tanpa ulkus diabetik. Kata kunci : Glukosa darah puasa, kolesterol LDL, diabetes melitus tipe 2, ulkus diabetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:07
Last Modified: 19 Jan 2017 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item