PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PADANG DAN MEDAN

ETY, HAIRATY (2016) PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PADANG DAN MEDAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Ety Hairaty_Abstrak_20382.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
ETY - TUGAS AKHIR Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme, kompetensi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja auditor pada Kantor Akuntan Publik di Padang dan Medan. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui jika terdapat perbedaan profesionalisme, kompetensi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja antara auditor di KAP Padang dan KAP Medan. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan metode survey dengan teknik kuesioner dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling . Data yang diperoleh dari jawaban kuesioner dianalisa dengan menggunakan metode PLS ( Partial Least Square ) untuk uji regresi dan SPSS ( Statistical Package for Social Science ) untuk uji beda. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP Padang dan Medan yang tergabung dalam Institut Akuntan Publik Indonesia yang berjumlah 29 Kantor Akuntan Publik dengan total responden 96 orang yang tersebar dalam 29 KAP dan telah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun dan sudah pernah melakukan penugasan audit. Alasan pemilihan objek yang berbeda didasarkan pada adanya perbedaan lokasi dan lingkungan kerja pada masing-masing KAP yang bisa menyebabkan perbedaan pola pikir dan cara pandang, nilai-nilai yang diyakini ataupun cara auditor bekerja dan secara tidak langsung dapat membawa kepada perbedaan pemahaman tentang bagaimana menghasilkan kinerja yang baik. Hasil analisa dengan pendekatan PLS dalam penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme, kompetensi dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap kinerja auditor, namun kepuasan kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja auditor. Sedangkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS pada penelitian ini didapat hasil bahwa tidak terdapat perbedaan antara profesionalisme, kompetensi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja antara auditor yang bekerja di KAP Padang dan Medan karena dimanapun auditor bekerja maka standar pekerjaannya akan sama, seperti yang diatur dalam etika profesi auditor. Kata Kunci : profesionalisme, kompetensi, komitmen organisasional, kepuasan kerja, kinerja auditor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 23 Jan 2017 06:47
Last Modified: 23 Jan 2017 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

View Item View Item