Ari, Irawan (2016) Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Di Wilayah Kecamatan Pemekaran Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
abstrak ok.pdf - Published Version Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAb v)
BAB V.pdf - Published Version Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (89kB) | Preview |
|
Text
tesis ok cover sd habis ari irawan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Tujuan pelaksanaan pemekaran kecamatan RAHT. (2) Menganalisis pelayanan publik yang dilakukan oleh aparat kecamatan RAHT setelah dilakukanya pemekaran, dan (3) Menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah RAHT setelah dilakukanya pemekaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang memiliki maksud untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu social, individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Metode penelitian menggunakan deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif kualitatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di wilayah kecamatan pemekaran RAHT. Penelitian ini dilakukan pada bulan September tahun 2015 di Kecamatan RAHT. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat RAHT berusia 17 tahun ke atas berjumlah 6.103 orang, yang tersebar di 10 Nagari di wilayah Kecamatan RATH. Sampel berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dengan non probabilitiy sampling teknik acsidental sampling. Informan penelitian masyarakat di kecamatan RAHT Kabupaten Pesir Selatan yang serta memiliki kapasitas dapat memberikan informasi yang akurat tentang pelaksanaan dan tujuan dilakukannya pemekaran kecamatan RAHT. Analisis data dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tujuan pelaksanaan pemekaran kecamatan RAHT disamping untuk. percepatan pembangunan, juga untuk meningkatkan pelayanan publik yang semakin baik. Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparat kecamatan RAHT setelah dilakukanya pemekaran, sesuai dengan Peraturan Daerah Kab. Pesisir Selatan No. 4 tahun 2009 tentang penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencacatan Sipil. Jenis-jenis pelayanan publik yang diberikan antara lain pelayanan KK, KTP, SKCK dan Akte Kelahiran. Kepuasan masyarakat atas pelayanan publik di Kantor Camat RAHT dari 9 indikator yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan diperoleh skor rata-rata sebesar 3,06 dengan tingkat capaian sebesar 61.27%. termasuk dalam kategori baik. Artinya kepuasan masyarakat kecamatan RAHT terhadap pelayanan publik di Kantor Camat RAHT sudah baik (puas). Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 pembangunan wilayah |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 06:48 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 06:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20357 |
Actions (login required)
View Item |