Mestika, Rezki (2023) Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien JKN Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text (BAB Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (107kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Mestika Rezki_Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian: Pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Padang Panjang mengalami waktu tunggu tidak sesuai SPM rumah sakit. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien JKN dan untuk mengetahui penyebab lama waktu tunggu dari komponen input, process dan output. Metode: Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan model Sequential Explanatory. Penelitian dilakukan pada 98 sampel dan 9 orang informan yang ditentukan secara purposive sampling dan proportional sampling. Teknik analisis data menggunakan analisi univariat, bivariat, tringulasi metode dan tringulasi sumber. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 94,9% waktu tunggu pasien tidak sesuai standar, dengan frekuensi rata-rata waktu tunggu 162,3 menit sedangkan frekuensi rata-rata kepuasan pasien 58,2% merasa tidak puas. Terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien dengan p-value 0,011. Penyebab lamanya waktu tunggu yaitu kurangnya tenaga rekam medis, ruang rekam medis yang sempit, pelaksanaan SOP belum maksimal dan kedatangan dokter yang terlambat. Kesimpulan: Waktu tunggu pasien di pelayanan rawat jalan masih tergolong lama dan tidak sesuai dengan SPM rumah sakit dan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada rumah sakit menambah petugas rekam medis, memberlakukan sistem rekam medis elektronik, meningkatkan sistem pelayanan terutama sistem pendaftaran online, dan mengadakan evaluasi rutin terkait kinerja petugas rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. dr. Adila Kasni Astiena, MARS |
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tunggu, kepuasan, pelayanan rawat jalan |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 10 May 2023 07:51 |
Last Modified: | 10 May 2023 07:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203420 |
Actions (login required)
View Item |