Tania, Al Jahwaroh (2022) UPAYA SDN 64/VII SUKASARI II KABUPATEN SAROLANGUN MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
COVER DAN ABSTRAK TANIA-1.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (BAB 4 Penutup)
BAB 4 PENUTUP.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
TANIA AL JAHWAROH, 1810811021, Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Upaya SDN 64/VII Sukasari II Kabupaten Sarolangun Menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, Pembimbing Dr. Azwar, M.Si. ABSTRAK Program Adiwiyata adalah suatu upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam program Adiwiyata terdapat komponen-komponen penting dalam suksesnya Adiwiyata di sekolah, sehingga komponen tersebut menjadi aspek penilaian dalam sekolah Adiwiyata. SDN 64/VII Sukasari II Kabupaten Sarolangun merupakan sekolah pertama di Provinsi Jambi yang mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri dan sampai saat ini pada Kabupaten Sarolangun sekolah ini menjadi sekolah satu-satunya yang sukses dalam sekolah Adiwiyata Mandiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui upaya SDN 64/VII Sukasari II menjadi Sekolah Adiwiyata melalui 4 komponen Adiwiyata. (2) untuk mengetahui upaya sekolah menumbuhkan perilaku peduli lingkungan terhadap murid SDN 64/VII Sukasari II. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, serta pengumpulan dokumen. Teori yang digunakan adalah teori Aksi (Action theory) oleh Talcott Parsons. Teori ini memiliki pandangan yaitu manusia (individu) selaku aktor memiliki tindakan aktif dan kreatif, untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menemukan bahwa upaya sekolah menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri dengan menerapkan komponen-komponen Adiwiyata yaitu (1) melakukan penyesuaian visi, misi dan tujuan sekolah, (2) melakukan kegiatan pembelajaran terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, (3) melakukan rangkaian kegiatan dalam bentuk partisipatif dan, (4) menyediakan sarana pendukung ramah lingkungan. Kemudian upaya sekolah meningkatkan perilaku peduli lingkungan terhadap murid yaitu (1) internalisasi visi dan misi sekolah, (2) komunikasi dan aksi nyata terhadap murid, (3) membuat peraturan sekolah dan (4) memberikan apresiasi bagi murid yang memiliki perilaku peduli lingkungan yang tinggi. Kata Kunci: Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiyata Mandiri, Upaya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 09 May 2023 09:08 |
Last Modified: | 09 May 2023 09:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203046 |
Actions (login required)
View Item |