HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Wulandari, Ridwan Mas (2016) HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akne vulgaris adalah penyakit peradangan menahun folikel pilosebasea yang umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh sendiri. Penyakit ini tidak mengancam jiwa, tetapi berpengaruh besar pada kualitas hidup seseorang. Sebanyak 15-30% pasien akne vulgaris membutuhkan terapi medis sehubungan dengan derajat keparahan dan keadaan klinis yang dialami.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan derajat keparahan akne vulgaris terhadap kualitas hidup pasien di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Dr.M.Djamil Padang. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang didiagnosis akne vulgaris. Jumlah Sampel penelitian adalah 21 orang yang terdiri dari 7 orang akne vulgaris derajat ringan, 7 orang akne vulgaris derajat sedang, serta 7 orang akne vulgaris derajat berat. Penelitian menggunakan kuesioner CADI, lalu diolah dengan program SPSS. Analisis statistik menggunakan uji Kruskal-Wallis test. Hasil penelitian didapatkan adanya gangguan kualitas hidup penderita akne vulgaris mulai dari ringan, sedang, dan berat. Semua pasien akne vulgaris mengalami gangguan kualitas hidup. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara derajat keparahan akne vulgaris terhadap kualitas hidup pasien di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP.DR.M.Djamil Padang, dengan p-value sebesar 0,000 dimana p-value ≤α (0,05). Kata kunci: akne vulgaris, derajat keparahan, kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:32
Last Modified: 19 Jan 2017 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item