Perbedaan Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Book dan Leaflet sebagai Bentuk Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa SDN 45 Kalumbuk Kota Padang

Muharra, Nilam Cahaya (2023) Perbedaan Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Book dan Leaflet sebagai Bentuk Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa SDN 45 Kalumbuk Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (782kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Media Pop-Up Book merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah anak dalam mengetahui penggambaran bentuk suatu benda, menambah berbagai kosa-kata, serta meningkatkan pemahaman anak. Media leaflet merupakan media cetak yang berbentuk selembaran yang memiliki fungsi untuk penyampaian informasi atau pesan-pesan kesehatan melalui lembaran yang dilipat.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan nmedia Pop-Up Book dan leaflet sebagai bentuk edukasi kesehatan gigi dan mulut pada siswa SDN 45 Kalumbuk Padang. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pendekatan two group pre test dan post test. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada respoden. Analisa dilakukan menggunakan SPSS. Hasil: Hasil penelitian ini menggambarkan kenaikan rata rata skor siswa yang menggunakan media pop up book dari 7.85 ± 1.137 menjadi 10.25 ± 2.712. Untuk media leaflet juga mengalami kenaikan dari 8.05 ± 1.932 menjadi 10.90 ± 1.373. Tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan media pop up book dan leaflet baik sebelum maupun sesudah dilakukan edukasi menggunakan masing-masing media. Kesimpulan: Media Pop-Up Book dan leaflet menunjukkan hasil yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara efektivitas edukasi dengan penggunaan media Pop-Up Book dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas 3 dan 4 SDN 45 Kalumbuk Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Deli Mona, Sp.KG
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 05 May 2023 04:47
Last Modified: 05 May 2023 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202785

Actions (login required)

View Item View Item