Efektivitas Komik Berwarna sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan mengenai Pencegahan Karies pada Siswa SDN 19 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Tasya, Ummaira (2023) Efektivitas Komik Berwarna sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan mengenai Pencegahan Karies pada Siswa SDN 19 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (723kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB V Hasil dan Pembahasan)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Rata-rata pengetahuan anak usia sekolah dasar mengenai kesehatan gigi dan mulut masih tergolong rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan adalah edukasi dengan media yang digemari anak sekolah dasar, yaitu komik. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa edukasi menggunakan media komik efektif meningkatkan pengetahuan pada anak sekolah dasar. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas komik berwarna sebagai media edukasi untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan karies pada siswa SDN 19 Sitiung. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimental dengan desain two-group pre test-post test. Sampel penelitian berjumlah 36 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen yang diberikan edukasi menggunakan komik dan kelompok kontrol yang diberikan edukasi menggunakan buku saku. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berisi 25 butir pertanyaan. Hasil Penelitian: Penelitian ini memperoleh hasil terdapat peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen (komik) dan kelompok kontrol (buku saku). Peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen (komik) lebih besar dari peningkatan pengetahuan pada kelompok kontrol (buku saku), dengan perbedaan rata-rata 3,00. Hasil analisis menggunakan uji T tidak berpasangan memperoleh nilai p=0,000, yang artinya terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen (komik) dengan kelompok kontrol (buku saku). Kesimpulan: Terjadi peningkatan pengetahuan baik pada kelompok eskperimen (komik) maupun kelompok kontrol (buku saku). Komik berwarna sebagai media edukasi bersifat lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan karies dibandingkan dengan buku saku. Kata Kunci: Buku saku, edukasi, komik berwarna, peningkatan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 05 May 2023 07:32
Last Modified: 05 May 2023 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202727

Actions (login required)

View Item View Item