Karakteristik Klinikopatologi Kanker Payudara di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2018-2021

Masyithah, Naqia (2023) Karakteristik Klinikopatologi Kanker Payudara di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2018-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (Skripsi Ful Text)
Skripsi Masyithah Naqia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kanker payudara adalah tumor ganas yang berasal dari epitel duktus dan lobulus payudara. Faktor klinikopatologi pada kanker payudara seperti usia, jenis kelamin, lokasi, lateralitas, tipe histopatologi, grade, dan invasi limfovaskular diketahui berpengaruh terhadap prognosisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik klinikopatologi kanker payudara di sentra diagnostik patologi anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2018-2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik total sampling menggunakan data sekunder berupa rekam medis. Sampel penelitian ini adalah pasien kanker payudara dari tahun 2018 hingga 2021 yang memenuhi kriteria inklusi dengan total 334 pasien. Hasil penelitian menunjukan kelompok usia terbanyak adalah ≥ 40 tahun (83,5%), lokasi tumor primer terbanyak yaitu bagian lain-lain yang 91%-nya adalah lesi tumpang tindih (34,1%), kanker payudara lebih sering terjadi di payudara kanan (49,4%). Sebagian besar bertipe histopatologi invasive carcinoma mammae of NST (66,6%), dengan mayoritas grade II (80%), dan invasi limfovaskular negatif pada 63,7% sampel yang dicantumkan hasil pemeriksaan invasi limfovaskularnya. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar Kasus kanker payudara di sentra diagnostik patologi anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2018-2021 berada pada grade II sehingga diperlukan deteksi dini pada kasus kanker payudra ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K)
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, gambaran klinis, gambaran histopatologis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:52
Last Modified: 28 Apr 2023 02:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202612

Actions (login required)

View Item View Item