PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN SARANA PRASARANA SMA DI KOTA PADANG Studi pada 3 SMA Penggerak di Kota Padang

Melfitri, Yanti (2023) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN SARANA PRASARANA SMA DI KOTA PADANG Studi pada 3 SMA Penggerak di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Tesis Ful AN Melfitri Yanti)
TESIS AN MELFITRI YANTI (2020812003) full skrip.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini lahir dari dugaan bahwa terdapat modal sosial yang dimanfaatkan oleh sekolah dalam upaya perolehan bantuan peningkatan sarana dan prasarana. Hal ini terlihat dari sumber bantuan peningkatan sarana dan prasarana yang diterima oleh masing-masing sekolah sangat bervariasi. Penelitian ini difokuskan pada 3 Sekolah Penggerak di Kota Padang yang menjadi program pemerintah untuk meningkatkan perubahan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis modal sosial yang digunakan sebagai upaya untuk memperoleh bantuan dalam peningkatan sarana prasarana secara lebih cepat. Berkaitan dengan hal itu untuk menjelaskan upaya yang di lakukan kepala sekolah dalam perolehan bantuan peningkatan sarana dan prasarana, penulis menggunakan teori modal sosial dari Robert M.Z Lawang. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Untuk mendapatkan data sesuai dengan tujuan penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Teknik purposive sampling disengaja digunakan untuk memilih informan penelitian sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Lokasi penelitian adalah SMAN 9 Padang, SMAN 13 Padang dan SMAN 15 Padang. Dalam penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: (1) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam pengelolaan dan peningkatan sarana dan prasarana di sekolah yaitu dengan membentuk petugas pengelola sarana dan prasarana sekolah, melakukan perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana, melakukan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, melakukan perbaikan atau rehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak, dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana. (2) Penelitian ini menemukan bagaimana modal sosial menjadi sumberdaya yang bermanfaat dalam upaya memperoleh bantuan peningkatan sarana dan prasarana di sekolah. Adapun unsur modal sosial tersebut adalah; Pertama, Kepercayaan (trust) yaitu kepercayaan yang diberikan atas dasar altruistik, kepercayaan simbiotik, dan kepercayaan interpersonal kepala sekolah dari pemerintah, Kedua, Jaringan yaitu jaringan kepala sekolah dengan pemerintah, jaringan kepala sekolah dengan komite atau orangtua siswa, dan jaringan kepala sekolah dengan alumni atau pihak lainnya, Ketiga, Norma, kepercayaan dan jaringan yang kuat akan membentuk suatu aturan yang disepakati bersama yaitu harus patuh dan taat terhadap aturan dan kebijakan yang ditentukan dan harus bisa bersikap kooperatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Damsar, MA
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Peningkatan Sarana dan Prasarana
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 03 May 2023 03:42
Last Modified: 03 May 2023 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202604

Actions (login required)

View Item View Item