HUBUNGAN KANKER PAYUDARA TRIPEL NEGATIF DENGAN KEJADIAN METASTASIS AKSILA DAN METASTASIS JAUH DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Nindita, Priska Audina (2023) HUBUNGAN KANKER PAYUDARA TRIPEL NEGATIF DENGAN KEJADIAN METASTASIS AKSILA DAN METASTASIS JAUH DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Priska Audina Nindita)
Skripsi Full Text_Priska Audina Nindita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy

Abstract

Lebih dari 90% kematian terkait kanker payudara disebabkan oleh tumor sekunder di organ yang jauh akibat metastasis. Kanker payudara tripel negatif atau triple negative breast cancer (TNBC) merupakan subtipe paling agresif diantara subtipe lainnya. Secara klinis TNBC memiliki ukuran tumor yang lebih besar, melibatkan kelenjar getah bening, dan memiliki derajat keganasan yang lebih buruk. Pasien TNBC lebih berisiko mengalami metastasis dan kematian dibandingkan dengan jenis subtipe lainnya sehingga prognosisnya juga lebih buruk. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kanker payudara tripel negatif dengan kejadian metastasis aksila dan metastasis jauh di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional bersifat retrospektif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 11 pasien TNBC dan 99 pasien non-TNBC di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2016 – 2021. Digunakan analisis uji Chi Square. Karakteristik pasien kanker payudara tripel negatif di RSUP Dr. M. Djamil berusia lebih dari 50 tahun, stadium IV, dengan status T4, N1-N2, M1, dan BMI normal. Kejadian metastasis aksila pada pasien TNBC sebesar 45,5% dan kejadian metastasis jauh sebesar 90,9% dengan lokasi metastasis terbanyak pada organ paru. Tidak terdapat hubungan antara kanker payudara tripel negatif dengan kejadian metastasis aksila (p=0,071) dan terdapat hubungan bermakna antara kanker payudara tripel negatif dengan kejadian metastasis jauh (p=0,018). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kanker payudara tripel negatif dengan kejadian metastasis aksila dan terdapat hubungan antara kanker payudara tripel negatif dengan kejadian metastasis jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Tuti Handayani, Sp. Rad dr. Avit Suchitra, Sp.B-KBD
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:26
Last Modified: 14 Apr 2023 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202464

Actions (login required)

View Item View Item