Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Pada Pasien Operasi Sub Bagian Fasial Plastik Dan Bedah Rekonstruksi Di Bagian THT-KL RSUP DR M Djamil Padang

Fauzan, Junanda Putra (2020) Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Pada Pasien Operasi Sub Bagian Fasial Plastik Dan Bedah Rekonstruksi Di Bagian THT-KL RSUP DR M Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak (6).pdf

Download (60kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (6).pdf

Download (187kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit berperan penting dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Keberhasilan suatu rumah sakit dalam memberi pelayanan dapat dilihat dari kinerja dan kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah respon evaluatif, emosional atau afektif dari pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan serta harapan terhadap pelayanan tersebut. Jadi kepuasan masing-masing pasien dapat berbeda tergantung harapan dan realita yang didapatkan. Hal tersebut dapat disebabkan beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan dan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien tersebut dengan tingkat kepuasan pelayanan pasien di divisi fasial plastik dan bedah rekonstruksi bagian THT RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi- square dan uji Kolmogorov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian lebih banyak yang berumur kategori usia dewasa tua, berjenis kelamin perempuan, mempunyai pekerjaan, berpendidikan tinggi dan status kepesertaan non BPI masing-masing 56,76%, 51,35%, 51,36%, 81,08% dan 56,8%. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak adanya hubungan antara umur, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien. Didapatkan nilai p masing-masing p=0,366, p=0,692, p=0,554 dan p=0,845. Sedangkan terdapat hubungan antara status kepesertaan dengan tingkat kepuasan dengan nilai p=0,033. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pelayanan pada pasien di divisi fasial plastik dan bedah rekonstruksi bagian THT RSUP Dr. M. Djamil Padang kecuali pada variable status kepesertaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr Al Hafiz Sp.THT-KL(K)
Uncontrolled Keywords: Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, Status Kepesertaan, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RF Otorhinolaryngology
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:23
Last Modified: 12 Apr 2023 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202419

Actions (login required)

View Item View Item