HUBUNGAN PANJANG BADAN LAHIR DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 7-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEBERANG PADANG

Putri Aisyah, Mirza (2020) HUBUNGAN PANJANG BADAN LAHIR DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 7-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEBERANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Skri[si fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Stunting adalah salah satu masalah gizi yang sering dijumpai pada anak. Stunting dapat menimbulkan gangguan pada pertumbuhan fisik serta perkembangan mental dan kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang badan lahir dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada anak usia 7-24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional pada 78 anak usia 7-24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang yang dipilih melalui simple random sampling. Data yang digunakan adalah data hasil wawancara kuesioner dan hasil pengukuran panjang badan anak menggunakan infantometer. Analisis data dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan prevalensi stunting sebesar 28,2%, sebagian kecil anak memiliki panjang badan lahir kurang (35,9%), dan lebih dari separuh anak tidak mendapatkan ASI eksklusif (57,7%). Analisis uji statistik menunjukkan hubungan antara panjang badan lahir dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting memiliki nilai p > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara panjang badan lahir dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, Sp.GK
Uncontrolled Keywords: stunting, panjang badan lahir, ASI eksklusif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:39
Last Modified: 31 Mar 2023 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202209

Actions (login required)

View Item View Item