Gambaran Potensi Kejadian Post-Traumatic Stress Disorder pada Mahasiswa Penyintas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Annisa, Aulia (2023) Gambaran Potensi Kejadian Post-Traumatic Stress Disorder pada Mahasiswa Penyintas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB Akhir (Penutup Kesimpulan)_compressed.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi peristiwa yang berpotensi traumatis yang dapat memicu pengembangan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) terutama pada para penyintas Covid-19. Studi menemukan kalangan mahasiswa (usia 16 hingga 25 tahun) menjadi risiko terbesar untuk terpapar peristiwa yang berpotensi traumatis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran potensi kejadian PTSD pada mahasiswa penyintas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain case-control. Sebanyak 167 orang mahasiswa penyintas Covid-19 berpartisipasi pada penelitian. Data didapatkan melalui kuesioner PTSD Checklist for DSM-5 (PCL-5) secara online. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 18% mahasiswa penyintas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berpotensi mengalami PTSD. Potensi PTSD lebih rentan dialami oleh mahasiswa penyintas Covid-19 berjenis kelamin laki-laki (30,4%), usia lebih muda, mengalami gejala klinis Covid-19 sakit sedang (29,2%), dan tidak memiliki riwayat gangguan mental (100%). Gejala domain perubahan suasana hati dan kognitif merupakan gejala PTSD yang paling dominan dialami oleh subjek penelitian yang berpotensi PTSD. Sebagian besar subjek penelitian yang berpotensi PTSD tidak mengalami stresor, seperti kejadian yang mengancam jiwa, paparan berita tentang Covid-19, atau isolasi sosial. Kesimpulan dari penelitian ini, terdapat mahasiswa penyintas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang berpotensi PTSD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K Psi, FINASIM
Uncontrolled Keywords: PTSD, mahasiswa penyintas Covid-19, PCL-5
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:48
Last Modified: 20 Mar 2023 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201953

Actions (login required)

View Item View Item