Asuhan keperawatan pada Tn.K dengan gangguan rasa nyaman dan penerapan terapi guided imagery di ruangan trauma center RSUP Dr. M.Djamil Padang

Dina, Rahmiyanti Saputri (2023) Asuhan keperawatan pada Tn.K dengan gangguan rasa nyaman dan penerapan terapi guided imagery di ruangan trauma center RSUP Dr. M.Djamil Padang. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK KIA DINA.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA_DINA RAHMIYANTI SAPUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gejala yang umum yang terjadi pada pasien dengan post operasi fraktur servikal yaitu gangguan rasa aman dan nyaman : nyeri. Dampak nyeri akut yang tidak tertangani akan berdampak pada aktivitas sehari-hari, sehingga menyebabkan terganggunya pemenuhan kebutuhan istirahat tidur, pemenuhan individu, kualitas hidup yang buruk. Tindakan untuk mengurangi nyeri pada pasien post operasi dengan cara non farmakologi adalah terapi guided imagery dengan mengalihkan perhatian dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan, sehingga secara bertahap dapat menurunkan persepsi klien terhadap nyeri yang dirasakan. Tujuan dari karya ilmiah akhir ini adalah untuk mengelola asuhan keperawatan pada Tn.K dengan gangguan rasa nyaman dan penerapan terapi guided imagery di ruangan trauma center di RSUP Dr. M.Djamil Padang. Metode yang digunakan pada karya ilmiah adalah studi kasus dengan pemberian asuhan keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan. Hasil pengkajian didapatkan masalah keperawatan yaitu nyeri akut, gangguan eliminasi urine, gangguan mobilitas fisik, ansietas. Terapi guided imagery dilakukan 2 kali sehari yaitu 2-4 jam sebelum pemberian obat dan 30 menit sebelum pemberian obat, dilakukan selama 15-20 menit.Hasil penerapan teknik guided imagery berpengaruh terhadap penurunan skala nyeri dari 5 menjadi 2. Disarankan kepada perawat menerapkan teknik guided imagery sebagai salah satu intervensi mandiri perawat pada pasien gangguan rasa aman dan nyaman : nyeri akut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:03
Last Modified: 16 Mar 2023 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201887

Actions (login required)

View Item View Item