PENERAPAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF DYNAMIC GOVERNANCE DI KABUPATEN TANAH DATAR (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH DATAR)

IQBAL, UTAMA YAHYA (2023) PENERAPAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF DYNAMIC GOVERNANCE DI KABUPATEN TANAH DATAR (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH DATAR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text (bab akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (dapus)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (tesis fulltext)
THESIS 1-6 IQBAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Inovasi menjadi suatu keharusan yang mesti dilakukan agar keberadaan pemerintah menjadi bermakna di mata rakyatnya. Oleh karena itu inovasi kelembagaan atau inovasi dalam bidang organisasi menjadi penting dalam praktek pennyelenggaraan pemerintahan daerah. Dalam penelitian ini, inovasi kelembagaan atau pemerintahan menjadi tolak ukur dalam menjalankan perspektif dynamic governance. Hal ini bertujuan supaya pemerintah mampu mengimplementasikan kebijakan tersebut dengan kondisi perubahan yang dinamis. Penelitian ini bermaksud menambahkan penjelasan tentang bagaimana konsep dynamic governance diterapkan dalam inovasi pelayanan publik dalam organisasi pemerintah daerah. Satu kasus yang menarik untuk di elaborasi dalam penelitian ini adalah inovasi pelayanan publik di salah satu organisasi perangkat daerah Kabupaten Tanah Datar yaitu pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang banyak menerapkan prinsip-prinsip dynamic governance. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan penerapan inovasi pelayanan publik pada perspektif dynamic governance di Kabupaten Tanah Datar yang melakukan studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini menggunakan teori Inovasi Pelayanan menurut Rogers dan teori dynamic governance menurut Boon Siong Neo dan Geraldine Chen Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan studi kasus dengan jenis intrinsik. Jenis ini merupakan penelitian yang dilakukan atas dasar ketertarikan pada suatu kasus yang bersifat khusus. Dalam hal ini peneliti melihat bagaimana bentuk penerapan inovasi pelayanan publik dalam perspektif dynamic governance di Kabupaten Tanah Datar. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Dynamic Governance, Dukcapil Kabupaten Tanah Datar

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Dynamic Governance, Dukcapil Kabupaten Tanah Datar
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JK Political institutions (United States)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:23
Last Modified: 11 Mar 2023 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201655

Actions (login required)

View Item View Item