ANALISIS BENTUK-BENTUK JARINGAN SOSIAL DI PASAR SEKEN JODOH DI KOTA BATAM

ELSA, WAHYURI (2023) ANALISIS BENTUK-BENTUK JARINGAN SOSIAL DI PASAR SEKEN JODOH DI KOTA BATAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover & Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (1).pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Manusia tidak dapat hidup sendiri, namun manusia pada dasarnya tidakdapat berhubungan dengan semua manusia yang ada atau selalu terbatas padajumlah tertentu. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya pengelompokkandi dalam masyarakat atau yang juga dikenal dengan istilah jaringan sosial. Penelitian ini membahas tentang bentuk-bentuk jaringan sosial yang terdapat di salah satu pasar barang bekas atau juga dikenal dengan pasar seken di KotaBatam, yaitu Pasar Seken Jodoh. Kota yang dikenal dengan heterogenitasnyaini memuat banyak suku bangsa yang dibawa oleh masyarakatnya, yangjugamasuk ke dalam Pasar Seken Jodoh. Adapun yang ingin diketahui dari penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk jaringan sosial serta aktivitaspedagang dan agen dengan adanya jaringan sosial di Pasar Seken Jodoh. Metode penelitian yakni kualitatif, dengan jenis etnografi. Teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakanpurposive sampling. Pada penelitian ini, nama informan disamarkan bertujuanuntuk memberikan kenyamanan dan melindungi privasi dalametika penelitiansosial. Hasil penelitian ini adalah terdapat dua bentuk-bentuk jaringan sosial di dalam Pasar Seken Jodoh, yakni jaringan sosial horizontal dan jaringan sosial vertikal. Masing-masing bentuk memiliki perbedaan motif pembentuk yakni: jaringan kepentingan (interest), jaringan kekuasaan (power) dan jaringanperasaan (sentiment). Namun dari keseluruhan jaringan sosial tersebut, tidakada satupun motif yang melatarbelakanginya diakibatkan oleh faktor kesamaan suku. Unsur kekerabatan berperan sebagai faktor yangmenjembatani seseorang menjadi pedagang di pasar ini. Jaringan sosial di Pasar Seken Jodoh tidak berbasis kepada suku bangsa atau kekerabatan, melainkan kepada kepentingan mereka dari segi ekonomi maupun sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PROF. DR. NURSYIRWAN EFFENDI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:14
Last Modified: 10 Mar 2023 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201611

Actions (login required)

View Item View Item