Hubungan Status Gizi Ibu, Tinggi Badan Ibu, Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pagambiran Kota Padang

Nasution, Annisa Namirah (2023) Hubungan Status Gizi Ibu, Tinggi Badan Ibu, Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pagambiran Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
2. PENDAHULUAN TERBARU.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Full Text)
5. Full Text Annisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN STATUS GIZI IBU, TINGGI BADAN IBU, PENGETAHUAN IBU TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI PUSKESMAS PAGAMBIRAN KOTA PADANG ANNISA NAMIRAH NASUTION Stunting adalah masalah kekurangan nutrisi kronik yang ditandai dengan tinggi badan menurut umur yang berada <-2 SD sesuai median standar pertumbuhan anak. Stunting menyebabkan buruknya kualitas sumber daya manusia yang akan menurunkan produktivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gizi ibu, tinggi badan ibu, dan pengetahuan ibu terhadap kejadian stunting pada balita di Puskesmas Pagambiran Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Pagambiran Kota Padang pada bulan November 2021- Desember 2022. Sampel penelitian adalah ibu dan anak yang berusia 24-59 bulan sebanyak 174 orang. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling.dan Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan buku KIA. Uji statistik yang digunakan yaitu Chi square dan Regresi Logistik. Hasil penelitian univariat didapatkan ibu yang memiliki riwayat kekurangan energi kronik sebanyak 55 orang (31,6%), ibu dengan tinggi badan < 150 cm sebanyak 12 orang (6,9%), dan ibu yang berpengetahuan rendah sebanyak 63 orang (36,2%). Hasil penelitian bivariat dengan analisis chi square diperoleh p value masing-masing variabel yaitu status gizi ibu (p=0,005), tinggi badan ibu (p=0,018) dan pengetahuan ibu (p=0,001). Sementara untuk hasil analisis multivariat didapatkan hasil variabel yang paling signifikan dengan kejadian stunting adalah pengetahuan ibu (p=0,001). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan status gizi ibu, tinggi badan ibu dan pengetahuan ibu terhadap kejadian stunting pada balita di Puskesmas Pagambiran Kota Padang. Kata Kunci : stunting, kekurangan energi kronik, tinggi badan ibu, pengetahuan ibu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:50
Last Modified: 10 Mar 2023 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201489

Actions (login required)

View Item View Item