TINGKAT PENDAPATAN DAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

JUNIKA, WULANDARI (2023) TINGKAT PENDAPATAN DAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK (JUNIKA).pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kelurahan Pasia Nan Tigo merupakan daerah pesisir Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkat pendapatan dan tingkat ketahanan pangan rumah tangga nelayan di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi dan wawancara kepada 36 responden. Variabel penelitian ini adalah pendapatan, pengeluaran, dan konsumsi rumah tangga. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa para nelayan Pasia Nan Tigo memiliki tingkat pendapatan yang rendah dimana sebanyak 91,7% nelayan memiliki pendapatan kurang dari Rp 4.500.000,- per bulannya, dan ketahanan pangan rumah tangga nelayan berada pada posisi kurang pangan karena memiliki proporsi pengeluaran pangan < 60% dari pengeluaran total dan konsumsi energi dan protein yang ≤ 80% per rumah tangga perharinya. Disarankan agar mereka bisa meningkatkan pendapatan, memperbaiki pola konsumsi pangan dengan meningkatkan pengetahuan tentang gizi, serta mampu mengendalikan pengeluaran rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:55
Last Modified: 10 Mar 2023 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201470

Actions (login required)

View Item View Item