KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KOMUNITAS PENGGEMAR KAMERA ANALOG KOTA PADANG DI ERA DIGITALISASI KAMERA (Studi Deskriptif Pada Anggota KomunitasPadang Beranalog)

Hifdzillah, Hifdzillah (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KOMUNITAS PENGGEMAR KAMERA ANALOG KOTA PADANG DI ERA DIGITALISASI KAMERA (Studi Deskriptif Pada Anggota KomunitasPadang Beranalog). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
Bab I (1).pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text
skripsi Hifdzillah Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Suatu komunitas dapat tercipta karena adanya kesamaan tujuan, hobi serta minat yang sama. Komunikasi Interpersonal merupakan bentuk komunikasi yang sering dilakukan oleh individu didalam komunitas untuk dapat menyampaikan pesan sehingga dapat diterima dengan baik oleh penerima. Di Padang terdapat salah satu komunitas yang mengulas kamera analog dan mengumpulkan para penggemar kamera analog adalah komunitas Padang Beranalog. Hadirnya komunitas Padang Beranalog menjadi fenomena baru dalam komunitas fotografi di Indonesia khususnya pada daerah Padang dan sekitarnya. Mayoritas anggota komunitas Padang Beranalog ini adalah generasi milenial. Kehadiran komunitas ini merupakan hal penting bagi keberagaman bagi komunitas fotografi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal penggemar kamera analog dalam komunitas Padang Beranalog. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dan juga pengamatan secara langsung. Paradigma pada penelitian ini adalah post positivis dengan menggunakan teori Fundamental Interpersonal Relationship Orientation (FIRO). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi mendalam dengan subjek penelitian yaitu para penggemar kamera analog yang tergabung pada komunitas Padang Beranalog. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa suatu hobi yang unik serta ketertarikan yang sama yang dihimpun dalam satu ekosistem komunitas mampu menghasilkan suatu komunitasi interpersonal yang positif serta membangun antara anggota di dalamnya, baik itu dalam pengaadaan suatu event, sharing seputar karya yang dihasilkan, serta menambah relasi baru yang dikaji secara verbal dan nonverbal. Peneliti memperoleh bentuk kolektifitas dari Komunikasi Interpersonal yang terbentuk dalam komunitas. Komunitas Padang Beranalog salah satu elemen penting dari komunitas penggemar kamera analog yang berupaya melestarikan ekosistem yang dibangun bersama, agar kamera lama atau analog tidak punah begitu saja serta diharapkan menjadi suatu keunikan dalam dunia komunitas fotografi pada umunya

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Komunitas, Penggemar Kamera Analog
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:30
Last Modified: 10 Mar 2023 01:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201316

Actions (login required)

View Item View Item