Strategi Komunikasi Lingkungan Yayasan Rimba Indonesia dalam Penanganan Sampah Plastik di Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan

Reyzaldi, Cipta Pramadana (2023) Strategi Komunikasi Lingkungan Yayasan Rimba Indonesia dalam Penanganan Sampah Plastik di Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi komunikasi lingkungan merupakan seluruh rancangan atau tindakan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan demi kelestarian lingkungan.Oleh karena itu, Yayasan Rimba Indonesia membutuhkan strategi komunikasi agar sampah plastik di Sungai Pinang dapat terkelola dengan baik.Yayasan Rimba Indonesia dalam programnya menuntut perubahan pola pikir masyarakat memandang sampah plastik sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan. Penelitian ini dilakukan di Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan dengan tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan dan hambatan yang dialami Yayasan Rimba Indonesia dalam menangani sampah plastik di Sungai Pinang. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang diperoleh dari kajian ini dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan komunikasi yang telah ditetapkan, diimplementasikan Yayasan Rimba Indonesia menjadi strategi komunikasi. Strategi komunikasi merupakan tindakan pelaksananaan yang memuat elemen komunikasi sebagai berikut; penelitian awal program, perencanaan, pelaksanaan dan hasil evaluasi. Selain kegiatan langsung dengan masyarakat seperti sosialisasi, pelatihan, pembinaan, Yayasan Rimba Indonesia juga menggunakan media untuk menyampaikan informasi pada masyarakat luas seperti radio, media online seperti facebook dan instagram Sedangkan hambatan yang dialami terdiri dari hambatan semantik, teknis dan manusiawi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Penanganan Sampah Plastik, Strategi Komunikasi Lingkungan, Yayasan Rimba Indonesia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:17
Last Modified: 09 Mar 2023 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201264

Actions (login required)

View Item View Item