PENGARUH PENAMBAHAN MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK MUTU BUBUK PEWARNA ALAMI DARI LABU KABOCHA (Cucurbita maxima L.)

AULIA FAJRIANI, LARA (2023) PENGARUH PENAMBAHAN MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK MUTU BUBUK PEWARNA ALAMI DARI LABU KABOCHA (Cucurbita maxima L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB I_PENDAHULUAN)
Bab 1 upload.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB V_KESIMPULAN SARAN)
Bab Akhir Upload.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Upload.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. Skripsi upload (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum ada dua jenis pewarna yaitu pewarna sintetis dan pewarna alami. Pewarna sintetis lebih sering digunakan karena harganya lebih murah tetapi penggunaannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Keadaan ini menyebabkan berkembangnya penggunaan bahan pewarna alami. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan MgCO3 pada pembuatan pewarna bubuk labu kabocha, mengetahui formulasi terbaik, dan mengetahui kondisi penyimpanan terbaik bubuk labu kabocha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan dan dilakukan 3 kali ulangan. Faktor yang digunakan adalah konsentrasi magnesium karbonat (1%; 1,5% ; 2%; 2,5%, 2% dan 3%). Metode yang digunakan adalah metode pengeringan tray menggunakan food dehydrator. Analisis bubuk pewarna meliputi analisis rendemen, kadar air, warna, dan total karoten. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan konsentrasi magnesium karbonat (MgCO3) 2% yang memiliki kadar air 1,14%, rendemen 5,95%, °hue 75,758 (oranye), dan total karoten 200,296 µg/g bahan. Peningkatan konsentrasi magnesium karbonat (MgCO3) menyebabkan adanya peningkatan total karoten hingga titik optimum, meningkatnya rendemen, warna menjadi semakin terang, namun menyebabkan turunnya kadar air. Hasil uji stabilitas menunjukkan bahwa selama penyimpanan sampai hari ke-6, semakin lama penyimpanan, maka total karoten akan semakin menurun. Bubuk pewarna alami labu kabocha stabil pada suhu penyimpanan 4ºC, kondisi gelap, dan pH 7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:02
Last Modified: 09 Mar 2023 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201089

Actions (login required)

View Item View Item