Hubungan Healthy Eating Index Ibu Hamil dengan Kenaikan Berat Badan Ibu Selama Kehamilan, Berat Badan Lahir dan Panjang Badan Lahir Bayi di Kabupaten Tanah Datar,Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang (Analisis Data Sekunder)

HELFINA, RISKA (2023) Hubungan Healthy Eating Index Ibu Hamil dengan Kenaikan Berat Badan Ibu Selama Kehamilan, Berat Badan Lahir dan Panjang Badan Lahir Bayi di Kabupaten Tanah Datar,Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang (Analisis Data Sekunder). Masters thesis, Pascasarjana (S2).

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR UTUH (FULL TEXT))
TUGAS AKHIR UTUH (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas diet ibu hamil sangat penting diperhatikan untuk melahirkan kualitas sumber daya manusia yang baik, oleh karena itu penting memperhatikan asupan makanan ibu selama masa kehamilan agar status gizinya baik dan dapat melahirkan generasi dengan berat badan lahir dan panjang badan lahir yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan healthy eating index ibu hamil dengan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan, berat badan lahir dan panjang badan lahir bayi di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari penelitian“Pemberian Dadiah Terhadap Outcome Kehamilan dan Kelahiran di Sumatera Barat”dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di tiga lokasi yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kota padang Panjang dari bulan Agustus 2022 – November 2022 dengan jumlah sampel 110 orang ibu hamil. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan HEI ibu hamil dengan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dengan p = 0.049 dengan nilai r = 0.188. Tidak ada hubungan HEI ibu hamil dengan berat badan lahir bayi dengan p= 0.863dan r=0.017. Tidak ada hubungan HEI ibu hamil dengan panjang badan lahir bayi dengan p = 0.806 dan r = 0.024. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara HEI ibu hamil dengan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dan tidak terdapat hubungan antara HEI ibu hamil dengan berat badan lahir dan panjang badan lahir bayi. Kata Kunci: Healthy Eating Index, Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil, Berat Badan Lahir, Panjang Badan Lahir.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, M.Sc., PhD, Sp.GK
Uncontrolled Keywords: Healthy Eating Index, Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil, Berat Badan Lahir, Panjang Badan Lahir.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:43
Last Modified: 10 Mar 2023 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201068

Actions (login required)

View Item View Item