PENGARUH LATIHAN PERNAPASAN DIAFRAGMA TERHADAP KECEMASAN DAN MUAL MUNTAH PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI

Dwi, Noviyani (2023) PENGARUH LATIHAN PERNAPASAN DIAFRAGMA TERHADAP KECEMASAN DAN MUAL MUNTAH PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (bab V penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (tesis full text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemoterapi memberikan dampak ketidaknyamanan psikologis dan fisik, salah satunya kecemasan dan mual muntah. Latihan pernapasan diafragma merupakan salah satu penatalaksanaan non farmakologi yang memiliki manfaat pada kesehatan mental dan fisik dalam mengurangi kecemasan dan mual muntah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh latihan pernapasan diafragma terhadap kecemasan dan mual muntah pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment With Pre-Test-Post-Test Control Group. Jumlah sampel sebanyak 34 orang dengan 17 pada kelompok intervensi dan 17 pada kelompok kontrol dengan menggunakan teknik randomized sampling. Intervensi latihan pernapasan diafragma dilakukan selama 5 menit saat terjadi sensasi mual muntah sampai pada pengukuran 96 jam setelah kemoterapi. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner State-Trait Anxiety Inventory – Trait (STAI-T) dan Rhodes Index Nausea, Vomiting and Retching (INVR). Pengukuran data kecemasan (pretest) pada penelitian ini diambil sesaat sebelum pasien dimasukan obat kemoterapi dan mual muntah pada 24 jam setelah kemoterapi sampai pengukuran 96 jam setelah kemoterapi (posttest). Data dianalisa menggunakan uji Mann-Whitney Test pada variabel kecemasan dan pada variabel mual muntah dianalisa dengan uji General Linear Model dan Independent Sample T-Test. Terdapat pengaruh latihan pernapasan diafragma terhadap penurunan kecemasan (p = 0,000) dan penurunan mual muntah setelah kemoterapi pada pengukuran 96 jam (p = 0,008). Disarankan kepada perawat untuk mengajarkan dan menganjurkan pasien melakukan latihan pernapasan diafragma setelah kemoterapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp., MN., PhD
Uncontrolled Keywords: pernapasan diafragma, kemoterapi, kecemasan, mual muntah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:39
Last Modified: 09 Mar 2023 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201033

Actions (login required)

View Item View Item