PERSEPSI PETANI TERHADAP PENYULUHAN PERTANIAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR

Andika, Makarim (2023) PERSEPSI PETANI TERHADAP PENYULUHAN PERTANIAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis persepsi petani terhadap penyuluhan pertanian yang menggunakan media digital, (2) menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi petani terhadap penyuluhan yang menggunakan media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 40 orang petani yang termasuk kedalam wilayah kerja penyuluh pertanian Payakumbuh Timur. Analisa data tujuan penelitian pertama menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat ukur skala Likert dan analisa data untuk tujuan penelitian kedua menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap penyuluhan pertanian yang menggunakan media digital di Balai Penyuluhan Pertanian Payakumbuh Timur berada pada kategori cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian petani terhadap penggunaan media digital dalam kegiatan penyuluhan pertanian cukup sesuai dengan kondisi petani. Faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi petani terhadap penyuluhan pertanian menggunakan media digital terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal petani. Faktor internal petani yang memiliki hubungan dengan persepsi petani terhadap penyuluhan pertanian yang menggunakan media digital WhatsApp adalah usia, tingkat pendidikan dan keterlibatan petani dalam kegiatan penyuluhan. Faktor eksternal petani yang memiliki hubungan dengan persepsi petani terhadap penyuluhan pertanian yang menggunakan media digital YouTube adalah ketersediaan jaringan internet. Kata kunci: media digital, karakteristik petani, penyuluhan pertanian, persepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Zulvera, S.P.,M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:44
Last Modified: 09 Mar 2023 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200915

Actions (login required)

View Item View Item