UJI TOKSISITAS SUBAKUT EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack) TERHADAP FUNGSI GINJAL PADA TIKUS PUTIH JANTAN

Fadhilatil, Ulya (2023) UJI TOKSISITAS SUBAKUT EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack) TERHADAP FUNGSI GINJAL PADA TIKUS PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK DAN COVER)
ABSTRAK-1-2.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan penggunaan daun sungkai (Peronema canescens Jack) sebagai immunostimulan oleh masyarakat mendorong perlunya dilakukan penelitian untuk mengetahui keamanannya, salah satunya dengan uji toksisitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh lama waktu pemberian dan variasi dosis ekstrak etanol daun sungkai terhadap fungsi ginjal yang dilihat dari kadar kreatinin pada serum darah. Penelitian menggunakan hewan uji tikus putih jantan sebanyak 36 ekor yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Kelompok 1 sebagai kontrol negatif yang diberikan Na CMC 0,5%, kelompok 2, 3, dan 4 diberikan sediaan uji ekstrak etanol daun sungkai dengan variasi dosis yaitu 1400, 2800, dan 5600 mg/kgbb yang diberikan secara oral satu kali sehari selama 21 hari. Kadar kreatinin serum diperiksa sebanyak 3 kali pada hari ke-8, 15, dan 22 menggunakan alat fotometer 5010 V5+. Data dianalisis secara statistik dengan ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil pemeriksaan kadar kreatinin serum sebanyak 3 kali secara berurutan adalah 0,72; 0,85; dan 1,05 mg/dL. Hasil rata-rata kadar kreatinin serum hewan uji pada masing –masing kelompok secara berurutan yaitu 0,67; 0,91; 0,92; dan 0,99 mg/dL. Hasil menunjukkan bahwa variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun sungkai memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kadar kreatinin pada serum darah tikus (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun sungkai dapat menimbulkan efek toksik terhadap fungsi ginjal pada tikus putih jantan jika digunakan dalam rentang dosis dan waktu tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Elidahanum Husni, M.Si
Uncontrolled Keywords: sungkai (Peronema canescens Jack), ekstrak etanol, toksisitas subakut, kreatinin, ginjal.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:19
Last Modified: 08 Mar 2023 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200674

Actions (login required)

View Item View Item