ANALISIS KEUNTUNGAN DAN TITIK IMPAS USAHA BATIAH UBI EDA TANJUNG DI JORONG LUMBARU NAGARI TANJUNG KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG

Vannesa, Putriayu Sadewa (2023) ANALISIS KEUNTUNGAN DAN TITIK IMPAS USAHA BATIAH UBI EDA TANJUNG DI JORONG LUMBARU NAGARI TANJUNG KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (SKRIPSI UTUH)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan kondisi usaha serta mengetahui keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian ini dilaksanakan di Usaha Batiah Ubi Eda Tanjung di Kecamatan koto VII Kabupaten Sijunjung pada tanggal 21 September – 21 Oktober 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan informan kunci pada usaha Batiah Ubi Eda Tanjung dan studi literatur. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek sumber daya manusia usaha Batiah Ubi Eda Tanjung memiliki 4 tenaga kerja, dilihat dari aspek pemasaran, usaha menetapkan harga sesuai dengan harga produk pesaing di pasar, promosi dilakukan dengan cara personal selling dan juga menggunakan media sosial. Pada aspek keuangan, modal awal usaha ini sebesar Rp.3.000.000 yang merupakan modal sendiri, usaha ini belum melakukan pencatatan yang baik dan benar sesuai akuntansi. Selama periode penelitian usaha memperoleh keuntungan sebesar Rp.2.301.475. Berdasarkan analisis titik impas diperoleh impas kuantitas sebanyak 231 bungkus untuk batiah ubi original, 174 bungkus untuk batiah ubi ikan, dan 151 bungkus untuk batiah ubi bayam, dengan impas penjualan sebesar Rp.2.307.943,47 untuk batiah ubi original, Rp.1.720.639,34 untuk batiah ubi ikan, dan Rp.1.416.237,68 untuk batiah ubi bayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Batiah Ubi Eda Tanjung sudah berada diatas titik impas. Disarankan kepada pemilik usaha agar melakukan pencatatan usaha yang baik dan memberikan pelatihan digital marketing kepada tenaga kerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Dwi Evaliza, M.Si
Uncontrolled Keywords: analisis usaha, keuntungan, titik impas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:23
Last Modified: 08 Mar 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200647

Actions (login required)

View Item View Item