FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) PADA PEKERJA LAUNDRY DI SEKITAR KAMPUS UNAND TAHUN 2022

Icha, Putri (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) PADA PEKERJA LAUNDRY DI SEKITAR KAMPUS UNAND TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (COVER DAN ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Text (BAB 6 PENUTUP).pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Proses kerja pada laundry banyak mengandalkan kekuatan fisik sehingga berisiko mengalami keluhan MSDs. Dari studi pendahuluan menunjukkan 80% pekerja mengalami keluhan MSDs berat. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keluhan MSDs pada pekerja laundry di sekitar kampus Unand. Metode: Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan dari bulan Juli 2022 sampai Februari 2023 dengan 42 responden, menggunakan teknik simple random sampling. Data univariat dan bivariat dianalisis menggunakan uji chi-square dengan α=0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 57,1% pekerja laundry mengalami keluhan MSDs berat, 54,8% pekerja laundry tergolong umur berisiko (≥35 tahun), 57,1% tergolong dalam IMT tidak normal, 50% tergolong dalam durasi kerja berisiko (>8 jam/hari), dan 54,8% pekerja laundry tergolong dalam postur kerja berisiko tinggi. Hasil analisis bivariat menunjukkan faktor yang berhubungan dengan MSDs adalah umur (p=0,001), IMT (p=0,003), durasi kerja (p=0,029) dan postur kerja (p=0,006). Kesimpulan: Umur, IMT, durasi kerja dan postur kerja merupakan faktor yang berhubungan dengan keluhan MSDs. Diharapkan pemilik laundry memberikan pekerjaan bagian penimbangan dan pengemasan untuk pekerja berusia diatas 35 tahun, menginformasikan pada pekerja untuk selalu menjaga status gizi seimbang, mengadakan shift kerja, dan memodifikasi stasiun kerja yang lebih ergonomis bagi pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Azyyati Ridha Alfian, SKM.,MKM
Uncontrolled Keywords: MSDs, Pekerja Laundry
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:12
Last Modified: 08 Mar 2023 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200431

Actions (login required)

View Item View Item