CITY BRANDING “PARIAMAN, THE SUNSET CITY OF INDONESIA” DAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN KE KOTA PARIAMAN

Aini, Fauzaresti (2023) CITY BRANDING “PARIAMAN, THE SUNSET CITY OF INDONESIA” DAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN KE KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi Aini Fauzaresti 1710862017)
Full Text Skripsi Aini Fauzaresti 1710862017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

City branding merupakan strategi komunikasi yang dilakukan oleh suatu kota untuk memperkenalkan identitas kota dengan menonjolkan ciri khas, potensi, keunggulan, serta pembeda dari kota lainnya yang kemudian digambarkan pada sebuah logo, dengan tujuan salah satunya untuk menarik minat kunjungan wisatawan guna meningkatkan perekonomian kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana City Branding “Pariaman, The Sunset City of Indonesia” dan Minat Kunjungan Wisatawan ke Kota Pariaman, serta bagaimana hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan teori City Branding Hexagon oleh Simon Anholt yang memiliki enam instrumen pengukur efektifitas city branding, yaitu presence (kehadiran), place (tempat), potential (potensi), pulse (daya tarik), people (orang), dan prerequisite (prasyarat). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling, dan jumlah sampel 100 wisatawan yang mengunjungi Kota Pariaman dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji koefisien korelasi Rank Spearman Rho dengan menggunakan aplikasi SPSS 28. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa City Branding “Pariaman, The Sunset City of Indonesia” terbukti efektif dengan skor total sebesar 10689, dan minat kunjungan wisatawan dengan skor total sebesar 3786 menunjukkan wisatawan berminat. City Branding berkontribusi terhadap minat kunjungan sebesar 78,3%, sedangkan sisanya 21,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: City Branding, Pariaman The Sunset City of Indonesia, Minat Kunjungan, Kota Pariaman
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:22
Last Modified: 07 Mar 2023 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200277

Actions (login required)

View Item View Item