Mishbah, El Yaser (2023) LITERASI MEDIA KELOMPOK GENERASI Z DI KOTA PADANG (Studi Kasus Berita Clickbait pada Media Berita Online). Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (66kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (33kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text (tugas akhir fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah (Tesis).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jurnalistik clickbait menjadi trik yang digunakan redaksi media berita online agar beritanya cepat menarik perhatian pembaca dan diklik. Praktik ini akibat menjamurnya media-media berita online di platform digital dan terjadi persaingan antar sesama media. Jurnalistik clickbait seringkali melupakan kualitas dari berita yang hendak disampaikan pada publik sehingga terjadi ketidaksesuaian antara yang dituliskan pada judul dengan isi berita. Saat ini pembaca berita telah bermigrasi dari media cetak ke media digital. Berdasarkan survei yang ada, pembaca berita didominasi oleh kelompok generasi Z. Generasi ini identik dengan kedekatannya dengan teknologi, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, pembaca generasi Z tidak menyadari bahkan sering terjebak pada berita-berita berjudul clickbait di media-media online. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi media kelompok generasi Z Kota Padang ketika mengakses media-media berita online berjudul clickbait, dan menjelaskan perspektif kelompok generasi Z Kota Padang terhadap media-media online yang menerapkan praktik jurnalistik clickbait. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma post-positivisme, serta pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil temuan yang didapatkan pada penelitian ini adalah partisipan penelitian terampil dalam berperilaku literasi media pada media-media berita online, terutama dalam konteks mengakses. Namun mereka terjebak pada berita-berita berjudul clickbait. Dan kedua, perspektif kelompok gen Z Padang terkait praktik jurnalistik clickbait adalah berita clickbait sekedar pencari perhatian, kemudian kekecewaan memahami berita clickbait, dan kesadaran diri mereka sebagai penyumbang klik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Media, Jurnalistik Clickbait, Generasi Z. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 02:44 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 02:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200247 |
Actions (login required)
View Item |