KOMUNIKASI PERSUASIF KADER KESEHATAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM IVA TEST PADA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DI PUSKESMAS PADANG PASIR KECAMATAN PADANG BARAT

Al Alif, Raihanul Asyam Ibnu Dzaky (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF KADER KESEHATAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM IVA TEST PADA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DI PUSKESMAS PADANG PASIR KECAMATAN PADANG BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyebab kematian tertinggi kedua pada wanita di negara berkembang adalah kanker serviks, sedangkan kanker payudara adalah yang pertama. Setiap tahunnya dilaporkan bahwa ada sekitar 273.000 kematian wanita muda usia subur. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam menghadapi kanker serviks sejak dini. Hal tersebut dapat di tanggulangi bila adanya sosialisasi akan program deteksi dini kanker servik, salah satu metode tersebut adalah IVA TES. Kemampuan komunikasi petugas Kesehatan dalam mensosialisasi Program pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat) tes kepada (PUS) sangat diperlukan. Berdasarkan hal diatas, maka peneliti tertarik untuk mengangkat tema tentang pentingnya komunikasi persuasif yang dimiliki oleh petugas kesehatan dalam menyampaikan programnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanabkomunikasi persuasifbpraktisi kesehatan dalam meningkatkan kegiatan programbIVA tes dengan pendekatan keluarga di salah satu wilayah kerja Puskesmas Padang Pasir Kota Padang. Informanbdalam penelitianbini dipilihbdengan teknik purposive samplingbdan keabsahanbdata diperoleh dengan menggunakan metode triangulasi. Penelitian berdasarkan hasil wawancara peneliti pada petugas puskesmas dalam pelaksanaan kegiatan IVA tes dan masyarakat (Pasangan Usia Subur) di wilayah kerja Puskesmas Padang Pasir, dapat disimpulkan beberapa hal yang terkait dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan diawal yaitu untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan petugas Puskesmas Padang Pasir pada kegiatan IVA tes. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdapabtigabaspek komunikasibpersuasif yaitu: aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif. Hal ini didukung dengan mendapat peserta PUS terbanyak untuk wilayah Kota Padang dan juara 2 terbanyak tingkat Nasional. Peneliti menemukan 3 kategori audience pada proses penerimaan gagasan inovasi, yaitu kategori penerimaan dini (early adopters), mayoritas dinib(early majority) dan mayoritas belakangan (late majority).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: tes Inspeksi Visual Asetat (IVA tes), Komunikasi Persuasif, Petugas Kesehatan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:48
Last Modified: 07 Mar 2023 02:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200174

Actions (login required)

View Item View Item